Selasa, 17 September 2024

Unair Buka Prodi Kedokteran Baru di Kampus Banyuwangi, Kuota 50 Mahasiswa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Airlangga (Unair) resmi membuka Program Studi (Prodi) Kedokteran yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) di Kampus Banyuwangi yang disampaikan di Unair Surabaya, Jumat (12/7/2024). Foto: Risky Pratama suarasurabaya.net

Universitas Airlangga (Unair) resmi membuka Program Studi (Prodi) Kedokteran yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) di Kampus Banyuwangi.

Soetojo Dekan FIKKIA Unair mengatakan, pendaftaran mahasiswa baru (maba) di Prodi Kedokteran Kampus Banyuwangi itu, memiliki kuota 50 maba.

“Karena memang aturan dari Kemenkes, dari Dikti, kalau buka baru itu hanya 50. Termasuk jurusan yang lain juga sama 50, jadi itu aturan nasional,” katanya saat berada di Gedung Rektorat Unair Kampus C, Surabaya, Jumat (12/7/2024).

Ia memastikan, fasilitas pendidikan kedokteran di FIKKIA Unair sudah lengkap, yakni sudah ada laboratorium terpadu yang mencakup anatomi, patologi, parasitologi, theramed, hingga biokimia. Selain itu, pihaknya juga menjamin bahwa semua fasilitas berkualitas baik dan merupakan keluaran baru.

Kampus yang berada di Banyuwangi tersebut, dekat dengan lokasi wisata. Sehingga, Prodi baru itu juga memiliki keunggulan pada travel medicine yang akan fokus membentuk dokter tangguh dan adaptif di berbagai medan.

“Lulusan tidak hanya sebatas berkompeten dalam bidang travel medicine. Namun, juga siap jadi dokter yang berkompeten dan profesional,” tuturnya.

Soetojo (tengah) Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (Unair) saat memberi keterangan bersama Rahardian Indarto Susilo (kanan) Wakil Dekan Akademik dan Mufasirin (kiri) Wakil Dekan Non Akademik di Gedung Rektorat Unair Surabaya, Jumat (12/7/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dokter yang fokus pada wisata, kata dia, merupakan kebutuhan penting, untuk memastikan masyarakat yang berlibur, baik di gunung maupun di laut, dalam keadaan sehat, tidak bermasalah pada jantung hingga ototnya.

“Kita juga bisa mengantisipasi kecelakaan pada saat wisata. Misalnya jatuh, patah tulang, gegar otak juga dokter bisa melakukan penanganan awal, sebelum dilanjutkan ke spesialis,” ucapnya.

Meskipun menyesuaikan kearifan lokal dengan berfokus pada dokter wisata, tetapi lulusan Prodi baru itu nantinya, tidak hanya bisa bertugas di Banyuwangi saja, melainkan bisa di seluruh tempat di Indonesia.

“Sama seperti di Surabaya yang tidak hanya bisa menangani penyakit tropis saja, tetapi juga yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara untuk proses pendaftarannya, lulusan SMA sederajat bisa mendaftar Prodi Sarjana Kedokteran FIKKIA melalui Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler Tes Tertulis. Mahasiswa baru yang hendak mendaftar, wajib memenuhi persyaratan tidak buta warna total dan parsial.

Pendaftaran dilakukan secara daring di website resmi Unair mulai 9 Juli hingga 1 Agustus 2024. Proses ujian akan dilaksanakan secara luring di Kampus Unair Surabaya pada 5 Agustus mendatang. Sedangkan penetapan mahasiswa baru akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024.

“Pendaftaran tahun berikutnya akan dibuka dengan jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan pertimbangan penambahan kuota sesuai animo masyarakat nantinya,” pungkasnya.(ris/iss/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs