Kamis, 19 September 2024

Tumpukan Rongsokan di dalam Bangunan Persulit Pemadaman Kebakaran Rumah Tua Kertajaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) menbantu petugas damkar mengulur selang ke dalam bangunan setelah membongkar tumpukan rosokan rumah tua di Jalan Kertajaya, Minggu (28/7/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Setelah berupaya memadamkan api sekitar satu jam, petugas berhasil menjinakkan kebakaran di rumah tua tidak terawat di Jalan Kertajaya No.138, Surabaya, Minggu (28/7/2024).

Wasis Sutikno Kabid Pemadaman Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mengatakan api pokok berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.30 WIB. Namun hingga pukul 13.15 WIB petugas masih melakukan pembasahan yang tinggal lima persen saja tuntas.

Wasis menyebut, pemadaman di rumah tidak terawat ini terhambat tumpukan barang rongsokan yang dikumpulkan pemilik rumah. Kata dia, tumpukan itu tingginya sekitar tiga meter dan menumpuk di bagian depan sampai belakang rumah.

Alhasil petugas harus membongkar tumpukan sampah tersebut, supaya bisa masuk ke dalam dan memadamkan api di dalam bangunan lantai satu.

“Kesulitan kita untuk pemadaman terhambat material, mulai depan sampai belakang banyak rongsokan, itu terbakar semua jadi butuh banyak air,” ujar Wasis ditemui di lokasi kejadian.

Wasis Sutikno Kabid Pemadaman Kebakaran DPKP Kota Surabaya saat ditemui di lokasi, Minggu (28/7/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Informasi awal yang didapat petugas waktu sampai di lokasi kejadian, rumah tua itu dihuni seorang lansia usia 70 tahun. Namun setelah disusuri di beberapa sudut bangunan, yang bersangkutan tidak ditemukan.

“Informasi dari pihak RW ternyata pemilik rumahnya sudah dijemput tadi malam sama anaknya. Jadi dipastikan tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Dari peristiwa kebakaran ini, Wasis mengimbau supaya jangan menumpuk barang-barang bekas di dalam rumah. Sebab sangat rawan terpicu api apabila terjadi kebakaran.

Sementara titik api kebakaran berada di lantai dua rumah tersebut. Dugaan sementara penyebabnya karena korsleting listrik.

“Siapapun yang meninggalkan rumah pastikan instalasi listriknya aman. Kalau bisa rumah dijaga kebersihannya, jangan menumpuk rongsokan sangat rawan,” tuturnya.

Total armada pemadam kebakaran yang diterjunkan ada 14 kendaraan termasuk supply tangki air dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Pantauan suarasurabaya.net sekitar pukul 14.00 WIB, api sudah padam. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs