Selasa, 1 Oktober 2024

Trans Jatim Koridor V Resmi Diluncurkan, Mobilitas Surabaya-Bangkalan Jadi Lebih Mudah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur saat meresmikan Koridor V Bus Trans Jatim di Kabupaten Bangkalan, Senin (30/9/2024). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemprov Jawa Timur (Jatim) meresmikan Trans Jatim Koridor V rute Terminal Purabaya menuju Terminal Bangkalan. Peresmian itu berlangsung di Alun-Alun Pendopo Kabupaten Bangkalan, Senin (30/9/2024).

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jatim mengatakan, keberadaan Koridor V ini menjadi pelangkap pemerataan layanan transportasi umum di Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan).

“Akhirnya Koridor V bisa dilaksanakan lebih cepat untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Madura yang seringkali melakukan perjalanan Surabaya – Bangkalan untuk bekerja sekaligus membangkitkan potensi ekonomi baru,” kata Adhy Karyono.

Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim menyediakan 15 Bus Trans Jatim berkapasitas 30 penumpang.

“Hadirnya Trans Jatim Koridor I sampai V sangat penting untuk mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan, menurunkan gas emisi buang atau pemanasan global,” tuturnya.

Pada launching Trans Jatim Koridor V, Pemprov Jatim memberlakukan tiket gratis mulai tanggal 30 September hingga 7 Oktober 2024. Hal ini untuk menarik minat masyarakat supaya lebih dulu merasakan fasilitas Trans Jatim.

Bus Trans Jatim koridor V juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti CCTV untuk menjaga keamanan, camera artificial intelegent untuk mendeteksi pengemudi serta running teks maupun suara untuk memberikan informasi kepada penumpang.

Selain Trans Jatim koridor V rute Terminal Purabaya – Terminal Bangkalan, Adhy menambahkan Pemkab Bangkalan ikut menyiapkan angkutan feeder atau penghubung di Kabupaten Bangkalan.

Rencana ini sebagai bentuk kolaborasi pelayanan angkutan umum yang melayani rute Bangkalan kota – Tanjung Bumi – Bangkalan Kota – Blega – Kamal – IKM Suramadu – Modung.

“Kita berharap kolaborasi ini menjadi pemantik bagi Kabupaten/Kota lainnya untuk ikut mengembangkan transportasi umum yang mudah, murah, aman dan nyaman bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Arief M Edie Pj Bupati Bangkalan mengatakan, kehadiran Kordior V Bus Trans Jatim diharapkan bisa membentuk budaya masyarakat untuk terbiasa melakukan aktivitas menggunakan kendaraan umum.

“Masyarakat Bangkalan menyambut baik dan mendukung program provinsi Jatim yang juga sejalan dengan misi Kabupaten Bangkalan, yakni mewujudkan infrastruktur yang handal dan berkeadilan,” tuturnya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
28o
Kurs