Selasa, 17 September 2024

TNI Komitmen Jaga Netralitas Jelang Pilkada Serentak 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Upacara militer peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut (AL) di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

TNI berkomitmen menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II ketika meneruskan pesan amanat Jenderal TNI Agus Subianto Panglima TNI dalam upacara militer peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI AL di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024).

“Berkaitan dengan tahun 2024 yang merupakan tahun politik menuju pemilihan kepala daerah serentak bulan November nanti, tidak bosan-bosan saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI terkait netralitas,” ucapnya.

Ia mengatakan, TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, yang diantaranya menyatakan bahwa TNI tidak berpolitik praktis.

“Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis, dan lebih mengutamakan sinergi kita dengan Polri dan komponen bangsa lainnya,” tuturnya.

Selain itu, dalam amanatnya yang berada di HUT ke-79 TNI AL, juga menekankan beberapa poin, yakni pertama agar TNI selalu bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas.

Kedua, agar menjadi TNI yang prima dan TNI Angkatan Laut yang modern, berdaya gentar kawasan, dan berproyeksi global.

ketiga, agar selalu menjaga kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh alutsista laut yang dimiliki.

keempat, melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif, sesuai dengan marwah angkatan laut yang berwawasan internasional.

Kelima, memupuk dan memperteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri dan Kementerian lembaga lain berbasis sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

“Terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdian yang penuh keikhlasan tanpa batas,” tandasnya.(ris/kir/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
32o
Kurs