Selasa, 17 September 2024

TNI AL Akan Tingkatkan Secara Bertahap Fasilitas hingga Alutsista di IKN

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II saat memberi keterangan kepada awak media di Dermaga Ujng Koarmada II, Surabaya, pada Selasa (10/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

TNI Angkatan Laut (AL) menyatakan, secara bertahap akan mengembangkan fasilitas hingga alutsista di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu diungkapkan oleh Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II seusai upacara militer dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI AL di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, pada Selasa (10/9/2024).

“Jadi, untuk IKN secara bertahap kita akan mengembangkan organisasi, juga memfokuskan daerah-daerah operasi. Kita akan meningkatkan pangkalan yang ada di sana yang saat ini adalah Lanal Balikpapan sebagai outering bagi IKN, jadi lingkar luar dari IKN,” katanya.

Pihaknya memastikan, ketika nanti IKN berkembang, maka pertahanan di wilayah tersebut juga akan dilakukan penguatan, yakni selain fasilitas dan alutsista, juga penambahan personelnya.

“Harapannya, tentu jika Ibu Kota Nusantara ini nanti berkembang, kita juga mengikuti secara gradual bersama dengan perkembangan itu,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa menginjak usia yang ke-79 tahun ini, TNI AL juga akan berfokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kemajuan teknologi.

“Seperti yang diamanatkan oleh Panglima TNI, prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut harus siap mengikuti dinamika perkembangan situasi, baik itu secara regional, nasional, maupun global, terutama dengan kemajuan teknologi,” ucapnya.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi tidak akan ada gunanya jika manusianya tidak siap. Sehingga, segala ilmu dan pengetahuan akan perkembangan teknologi harus selalu dipelajari, untuk memastikan TNI AL siap dalam segala situasi.

“Oleh karena itu, prajuritnya sebagai sumber daya manusia, menyiapkan diri semaksimal mungkin untuk bisa menghadapi tantangan-tantangan itu,” tuturnya

Apalagi, lanjut dia, telah dicanangkan modernisasi dalam TNI AL, sehingga harus didukung dengan penguasaan teknologi sebaik mungkin.

“Saya kira ke depan akan lebih maju lagi, namun manusianya juga tidak kalah penting harus disiapkan,” pungkasnya.(ris/kir/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
32o
Kurs