Rabu, 18 September 2024

Tim Paskibraka Indonesia Maju Bertugas Menurunkan Sang Merah Putih di Istana Negara IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim Paskibraka Indonesia Maju menjalankan tugasnya dalam Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, Sabtu (17/8/2024), di Lapangan Istana Negara IKN, Kalimantan Timur. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sore hari ini, Sabtu (17/8/2024), Upacara Penurunan Bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, berlangsung di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sebanyak 38 Anggota Paskibraka 2024 yang tergabung dalam Tim Indonesia Maju mendapat tugas menurunkan Bendera Sang Merah Putih dengan formasi 17, 8 dan 45.

Anak Agung Ngurah Panji Darma Putra Paskibraka dari Provinsi Bali, menjadi Komandan Kelompok 17. Dia tercatat sebagai Pelajar SMAN 1 Singaraja.

Ni Komang Tri Setia Pelajar SMAN 1 Samarapura yang juga Paskibraka perwakilan Provinsi Bali, bertugas sebagai Pembawa Baki Bendera Sang Merah Putih.

Pembawa baki cadangan yaitu Kirana Asha Widya Baskara Paskibraka perwakilan Provinsi Banten yang bersekolah di SMA Labschool Cirendeu.

Berikutnya, yang menjadi Komandan Kelompok 8, Joe Bayden Imanuel Kallem Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Tengah. Dia bersekolah di SMA Kristen Anak Panah.

Sunnu Wahyudi Paskibraka perwakilan Kalimantan Timur yang bersekolah di SMKN 2 Sangatta Utara bertugas sebagai Pengerek Bendera.

Lalu, Abdul Zaky Hutera Paskibraka perwakilan Provinsi Jakarta yang bersekolah di SMAN 67 Jakarta jadi Pembentang Bendera.

AKP Ahmad Fahruroji Mulian bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka, dan Kolonel Pnb. Taufik Nur Cahyanto Komandan Upacara.

Pantauan di lokasi upacara dari pukul 15.30 WITA, tamu undangan mulai menempati tempat duduk yang sudah disiapkan.

Seperti waktu upacara pengibaran bendera, kebanyakan tamu yang datang juga memakai pakaian adat khas berbagai daerah Indonesia.

Sementara itu, pentas seni berupa tarian dan musik untuk menghibur para tamu berlangsung Lapangan Istana Merdeka, Jakarta.

Kondisi lapangan di IKN sedikit berbeda dengan upacara pengibaran bendera tadi pagi dengan cuaca berawan, karena siang menjelang sore ini turun hujan cukup deras.

Sehingga, lapangan upacara dan area sekelilingnya basah dan ada genangan air hujan.

Untuk menjaga kelancaran upacara, belasan orang petugas di IKN bersama-sama membersihkan genangan air di area tempat upacara.

Tepat pukul 16.30 WITA, prosesi Upacara Penurunan Bendera dimulai yang ditandai dengan masuknya pasukan TNI dan Polri ke Lapangan Istana Negara IKN.

Seperti diketahui, tema perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia jadi salah satu momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Karena, untuk pertama kalinya, acara inti seperti Peringatan Detik-detik Proklamasi, Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Sang Merah Putih, secara nasional terpusat di Istana Negara IKN.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
26o
Kurs