Rabu, 18 September 2024

Tim Paskibra Nusantara Baru Jadi Pengibar Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang bertugas pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah menetapkan nama-nama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang bertugas pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, hari ini, Sabtu (17/8/2024), di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dari total 76 putra-putri usia sekolah menengah atas dan sederajat yang terpilih mewakili 38 provinsi seluruh Indonesia, dibagi menjadi dua tim.

Tim Paskibraka Nusantara Baru bertugas pada Upacara Pengibaran Bendera, dan Tim Paskibraka Indonesia Maju yang menurunkan Bendera Sang Merah Putih nanti sore, dengan formasi 17, 8, dan 45.

Brigjen TNI Bayu Permana Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman mengatakan, penentuan kelompok Paskibraka dan komandan kompi Paskibraka dalam Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera dilakukan Sabtu pagi pukul 07.00 WITA.

Livenia Evelyn Kurniawan Paskibraka Putri perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Sekarang, dia tercatat sebagai pelajar SMA Katolik Santo Pransiskus.

Lalu, yang bertugas sebagai cadangan pembawa baki Lutfiyah Naurasyifa Utoyo Paskibraka Putri asal Provinsi Sulawesi Tenggara, pelajar SMA Negeri 1 Kendari.

Selanjutnya, yang bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 yaitu Fifandra Ardiansyah Daud Paskibraka dari Provinsi Maluku Utara, pelajar SMA Negeri 1 Halmahera Barat.

Try Adyaksa Paskibraka perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan bertugas sebagai pengerek bendera. Dia tercatat sebagai pelajar di SMA Negeri 1 Parepare.

Kemudian, yang bertugas sebagai pembentang bendera Akmal Faiz Ali Khadafi asal Provinsi Jawa Tengah, pelajar SMA Negeri 4 Semarang.

Komandan Kelompok 17 adalah Andre R.O. Kabagaimu Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Pegunungan yang sekarang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wamena.

Sementara itu, Kolonel Inf. Nur Wahyudi mendapat tugas sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kapten (Mar) Muhammad Adam Septian Keulana bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka.

Brigjen Bayu yang juga bertugas sebagai Perwira Upacara menambahkan, persiapan upacara sudah dilakukan dengan matang melalui beberapa kali gladi, termasuk gladi kotor pertama dan kedua, gladi bersih, serta gladi perbaikan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan pasukan protokol upacara serta Paskibraka dalam kondisi prima, dan siap melaksanakan tugas negara.

Sebelumnya, Paskibraka 2024 yang anggotanya berasal dari perwakilan setiap provinsi di Indonesia, dikukuhkan oleh Joko Widodo Presiden, Selasa (13/8/2024), di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara. (rid/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
26o
Kurs