Minggu, 27 Oktober 2024

Tiga Hari Retreat di Akmil, Kabinet Merah Putih Bawa Semangat Kebersamaan ke Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Para Anggota Kabinet Merah Putih keluar meninggalkan Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024), sesudah tiga hari mengikuti pembekalan dari Prabowo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Seluruh Anggota Kabinet Merah Putih, selama tiga hari belakangan berkegiatan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Hari ini, Minggu (27/10/2024), pembekalan atau istilahnya retreat dari Prabowo Subianto Presiden resmi berakhir.

Pagi terakhir di Lembah Tidar dimulai dengan senam pagi bersama Presiden. Para menteri, wakil menteri, utusan, staf dan penasihat khusus Presiden kompak memakai seragam olahraga berwarna biru.

Berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan olahraga mandiri seperti bermain voli, futsal, lari, yoga, dan ada yang mendaki ke Puncak Gunung Tidar.

Sesudah berolahraga, seluruh jajaran Kabinet Merah Putih sarapan bersama.

Kemudian, para pembantu Presiden menuju bus masing-masing, diiringi jajar kehormatan dan alunan marching band Canka Lokananta dari Taruna Akmil.

Di Gerbang Utama Akmil, masyarakat setempat berkumpul untuk melihat dan menyapa langsung para Anggota Kabinet Merah Putih.

Dalam keterangannya, Airlangga Hartarto Menko Bidang Perekonomian mengatakan, tiga hari di Akmil sebagai pengalaman yang sangat menyegarkan.

Dia menjelaskan, kegiatan olahraga pagi, baris-berbaris, dan aktivitas di kelas membuat setiap hari terasa bermakna.

Momen yang paling berkesan menurut Airlangga adalah Parade Senja. Di situ, seluruh anggota Kabinet Merah Putih bersama para Taruna TNI AD mengikuti upacara di tengah guyuran hujan.

“Parade Senja, karena dilakukan bersama akademi dari semua angkatan dan suasananya hujan jadi salut kepada Pak Presiden di tengah hujan yang luar biasa bersama dengan para taruna,” ujarnya sebelum kembali ke Jakarta.

Raffi Ahmad Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni menyampaikan rasa syukur berkesempatan mendapat pembekalan langsung dari Prabowo Presiden.

“Di sini kita bisa melihat sisi humanisme Pak Prabowo yang luar biasa sekali. Aura saat memimpin tegas. Tapi, kepada kita di sini seperti anak-anaknya. Pak Prabowo juga bisa menjadi seorang bapak yang luar biasa, bisa menjadi sahabat yang luar biasa, dan kadang kita bisa ketawa. Kita juga bisa mendengarkan arahan serius dari Pak Prabowo,” ungkapnya.

Sementara itu, Meutya Hafid Menteri Komunikasi dan Digital bilang, kegiatan retreat dengan jadwal yang padat tetap dijalankan jajaran kabinet dengan penuh semangat.

Dia pun berencana menerapkan apa yang dia peroleh dari pembekalan selama di Akmil TNI untuk memimpin kementeriannya.

“Mudah-mudahan yang akan saya terapkan di kementerian saya nanti bahwa pemimpin akan sama-sama. Jadi, kita hadapi segala tantangan sama-sama, dan anak buah juga harus ikut sama-sama, harus disiplin supaya kita bisa mencapai target-target yang kita inginkan di kementerian kita masing-masing,” kata Meutya.

Dengan berakhirnya retreat di Akmil TNI, jajaran Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta membawa pulang semangat kebersamaan.

Sebelumnya, Prabowo Presiden menegaskan agenda Retreat Kabinet Merah Putih yang berisi latihan serta pengarahan kepada seluruh jajaran Menteri dan Wakil Menteri di Magelang bukan bermaksud militeristik.

Prabowo menekankan, itu merupakan cara militer (The Military Way) yang biasa dilakukan di pemerintahan, bahkan di perusahaan swasta untuk menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan kepada bangsa dan negara. (rid/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 27 Oktober 2024
38o
Kurs