Senin, 23 September 2024

Surabaya Luncurkan 11 Bus Listrik dan 32 Feeder, Tambah 5 Rute Baru

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Penumpang saat menaiki Electric City Bus, bus listrik baru yang diluncurkan pemkot hari ini, Senin (23/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi meluncurkan 11 unit bus listrik dan 32 angkutan feeder Wira Wiri pada Senin (23/9/2024). Semua armada ini akan beroperasi secara bertahap hingga maksimal November mendatang. Bus akan melayani satu rute baru, sementara feeder akan beroperasi di empat rute lainnya.

Ikhsan Sekretaris Daerah Kota Surabaya menjelaskan bahwa penambahan dua jenis angkutan massal ini bertujuan mengurangi kemacetan.

“Sasaran kami adalah menambah armada untuk mengurai kemacetan dan mengurangi polusi. Surabaya sudah punya banyak taman, tapi dengan bus listrik, kami berharap bisa mengurangi polusi lebih jauh lagi,” ujar Ikhsan, Senin (23/9/2024).

Selain itu, peningkatan fasilitas ini juga bertujuan agar warga semakin nyaman dan perlahan-lahan beralih ke transportasi umum, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk aktivitas sehari-hari.

Electric City Bus, bus listrik baru yang diluncurkan pemkot hari ini, Senin (23/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyebut bahwa dua bus listrik akan diujicoba terlebih dahulu.

“Kami akan mengoperasikan dua bus listrik sambil menjalankan uji coba. Sisanya akan beroperasi secara bertahap sambil menyelesaikan administrasi. Operasional penuh diharapkan dimulai pada November nanti,” jelasnya.

Bus listrik ini melayani rute Terminal Purabaya – Terminal Bratang – Kampus A Unair – Kampus C Unair.

Sementara itu, feeder baru akan melayani empat rute, yaitu SIER – Kota Lama, Terminal Keputih – Kota Lama, Terminal Bratang – Shelter Bulak, dan Terminal Menanggal – Terminal Manukan.

Bus listrik berkapasitas sedang ini dapat menampung 26 penumpang, dengan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas, wanita, dan lansia.

“Bus ini juga berbasis digital, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan scan QR. Penumpang cukup menyediakan kartu non-tunai atau menggunakan aplikasi. Tarifnya tetap Rp5 ribu untuk dua jam,” terangnya.

Tampak dalam Electric City Bus, bus listrik baru yang diluncurkan pemkot hari ini, Senin (23/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Dengan penambahan bus listrik, diharapkan waktu tunggu antarbus bisa berkurang dari 15 menit menjadi 10 menit, dengan waktu tunggu 20 menit di ujung rute.

“20 menit waktu tunggu di ujung rute juga dimanfaatkan untuk mengisi daya. Jadi bus listrik ini akan langsung mengisi daya setelah perjalanan, tanpa menunggu baterai habis,” tambahnya.

Setelah peluncuran, Dishub akan melakukan monitoring dan evaluasi setiap dua minggu sekali.

“Kami akan merintis operasionalnya terlebih dahulu untuk melihat bagaimana permintaan, antusiasme, dan lainnya. Oleh karena itu, operasional akan dilakukan secara bertahap,” tutupnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 23 September 2024
29o
Kurs