Minggu, 8 September 2024

Surabaya Catat 5800 Kasus TBC hingga Akhir Juni, Dinkes Gencarkan Screening di Wilayah Padat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, penyakit TBC. Foto: g.co

Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat jumlah kasus Tuberkulosis (TBC) di Kota Surabaya mencapai 5.800 kasus hingga akhir Juni 2024. Wilayah dengan kasus terbanyak yaitu Surabaya Utara, diikuti oleh daerah Barat dan Timur.

Nanik Sukristina Kepala Dinkes Kota Surabaya menyebut, jumlah itu didapatkan berdasarkan upaya aktif pemerintah kota (Pemkot) melakukan screening dengan harapan bisa menemukan kasus sebanyak-banyaknya, sehingga bisa melakukan pengobatan secepat-cepatnya.

“Setiap bulan kita lakukan screening. Jadi kalau kemarin angka (bulan) Mei itu 3.000, untuk angka sampai dengan 30 Juni itu kita sudah 5.800 kasus. Kalau dari targetnya sih untuk (penemuan) kasus di Kota Surabaya itu 14 ribuan (tahun 2024),” ujar Nanik waktu dalam program Semanggi Suroboyo, Jumat (12/7/2024) pagi, membahas soal penanganan kasus TBC di Kota Surabaya.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya (kiri) waktu mengisi program Semanggi Suroboyo di Radio Suara Surabaya, Jumat (12/7/2024). Foto: Rona suarasurabaya.net

Adapun tingginya temuan kasus yang mencapai 5.800 itu, dikarenakan kondisi pemukiman yang padat di Surabaya sehingga menjadikan penularan TBC jadi lebih cepat dan sulit dikendalikan.

“Saat ini, wilayah dengan kasus TBC terbanyak di Surabaya adalah daerah padat penduduk, khususnya di Surabaya Utara. Menyusul kemudian wilayah Barat dan Timur,” ungkap Nanik.

Karenanya, kata dia, Pemkot Surabaya terus aktif melakukan upaya optimal melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam penanganan maupun pencegahan terhadap penyakit yang menurut catatan organisasi kesehatan dunia (WHO) itu menyebabkan 16 orang di Indonesia meninggal per jamnya.

Screening ini dilakukan melalui pembinaan terpadu di Posyandu dan Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kota Surabaya. Petugas kesehatan, lanjutnya, juga turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dan mendeteksi TBC serta penyakit lainnya.

“Dengan melakukan screening secara terintegrasi, kita tidak hanya menemukan kasus TBC, tetapi juga penyakit lainnya yang dapat segera ditangani. Semua pengobatan TBC yang ditemukan akan ditanggung oleh pemerintah hingga pasien benar-benar sembuh,” jelas Nanik.

Namun, tantangan yang dihadapi saat ini adalah masih banyak warga yang enggan memeriksakan diri. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Surabaya terus melakukan perluasan penjangkauan agar masyarakat lebih proaktif dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam upaya penanggulangan TBC ini. Jika ada wilayah yang belum terjangkau screening, masyarakat bisa mengusulkan kepada Dinas Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan,”pungkas Nanik. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs