Selasa, 17 September 2024

Suasana Penuh Keceriaan Warnai MPLS di SDN Pakis III Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah guru SDN Pakis III Surabaya menyambut siswa baru pada hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (15/7/2024) pagi. Foto: Shava suarasurabaya.net

Nuansa ceria dan semangat menyelimuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN Pakis III, Kecamatan Sawahan, Surabaya, pada Senin (15/7/2024) pagi.

Puluhan siswa baru SDN Pakis III Surabaya yang antusias dan penuh rasa ingin tahu, tampak siap memulai jenjang pendidikan baru di sekolah dasar.

“Hari ini adalah hari pertama untuk masuk sekolah setelah masa libur tiga pekan. Jadi para murid harus semangat untuk meraih ilmu. Kami juga ucapkan selamat datang untuk murid kelas 1,” kata Mufidah Andiani Kepala SDN Pakis III Surabaya dalam sambutannya.

Mufidah Andiani Kepala SDN Pakis III Surabaya menyapa para siswa dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (15/7/2024) pagi. Foto: Shava suarasurabaya.net

Setibanya di sekolah, seluruh siswa dikumpulkan di halaman. Khusus murid baru, mereka masih mengenakan seragam dari TK masing-masing. Mereka juga memakai name tag berbentuk hati untuk siswa perempuan dan bintang untuk murid laki-laki.

“Karena masih dalam masa pengenalan, jadi pakaiannya bebas. Nanti setelah MPLS baru menggunakan seragam sesuai ketentuan,” Mufidah kepada suarasurabaya.net selepas upacara pembukaan MPLS.

Dimulainya kegiatan MPLS di SDN Pakis III Surabaya ditandai dengan peletusan balon yang dibawa oleh siswa baru. Dilanjutkan dengan perkenalan para guru untuk masing-masing kelas dan mata pelajaran.

Selanjutnya, sebanyak 89 siswa baru di SDN Pakis III Surabaya dikelompokkan menjadi tiga kelas. Selepas pengelompokan, siswa diarahkan ke masing-masing kelas.

Mufidah menjelaskan, kegiatan MPLS di SDN Pakis III Surabaya ini akan berlangsung sepuluh hari ke depan.

“Guru di kelas satu sudah menyiapkan kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif. Sebab ini kan masih transisi dari TK ke SD. Jadi otomatis anak-anak masih menyesuaikan diri,” terang wanita berkerudung serta berkacamata itu.

Sementara Masamah Indrawati Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menambahkan, selama masa MPLS ini para siswa baru diberi waktu dan kesempatan untuk mengenal sekolah.

“Mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, hingga ekstrakurikuler. Selain itu, guru akan melakukan asesmen untuk menilai kemampuan masing-masing siswa baru,” jelas Iin, sapaan akrabnya. (saf/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs