Selasa, 17 September 2024

Suara Surabaya Media Ingin Ikut Tekan Angka Kasus TBC Lewat FGD

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eddy Prastyo Editor in Chief Suara Surabaya Media saat menyampaikan sambutan dalam Wawasan Series: Merdeka dari TBC pada Kamis (29/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Suara Surabaya Media ingin berkontribusi dalam menekan angka kasus tuberkulosis (TBC) melalui forum group discussion (FGD) bertajuk “Wawasan Series: Merdeka dari TBC”.

Eddy Prastyo Editor in Chief Suara Surabaya Media menyebutkan, dalam dua bulan terakhir telah banyak dilakukan sosialisasi dan edukasi mengenai TBC kepada masyarakat.

“Kami intens melakukan sosialisasi tentang bagaimana merdeka dari TBC. Tujuan utamanya adalah memberikan cerita, pemahaman, dan pengetahuan tentang penyakit TBC. Bukan hanya supaya audiens tahu, tetapi juga agar mereka memiliki semangat untuk mendukung kawan-kawan yang mengidap TBC,” kata Eddy saat memberikan sambutan pada pembukaan acara di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Dalam prosesnya, banyak pihak menunjukkan semangat kuat untuk membantu menekan angka kasus TBC.

“Ada beberapa komunitas yang kami temui dengan semangat dan militansi tinggi untuk melakukan sesuatu,” tambahnya.

Suara Surabaya Media pun merasa perlu mengambil langkah yang lebih besar daripada sekadar peliputan berita.

Wawasan Series: Merdeka dari TBC ini menghadirkan 150 undangan, termasuk pembuat kebijakan, pakar, peneliti, komunitas, akademisi, aktivis TBC, komunitas penyintas, perusahaan bisnis, dan media massa.

Program ini diharapkan dapat berhasil menekan angka kasus TBC serta meningkatkan penemuan dan penanganan kasus, sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengeliminasi TBC pada tahun 2030.

Berkaca dari program Wawasan sebelumnya, yang mampu mereduksi laporan kejadian pencurian kendaraan bermotor lebih dari 80 persen.

“Pertama, soal ekonomi. Kedua, soal kejahatan jalanan. Gerakan itu sudah menciptakan beberapa perubahan, setidaknya angka laporan turun lebih dari 80 persen. Kami yakin program kali ini akan memiliki dampak, tetapi kami tidak bisa melakukannya sendiri,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs