Sabtu, 6 Juli 2024
SS Ulang Tahun Forty One for Everyone

Suara Surabaya Apresiasi Pendengar yang Menemukan ABK asal Bali Hilang Arah di Pasuruan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Rizky Putra (kanan) pendengar Radio Suara Surabaya (SS) saat menerima apresiasi dari tim SS Media yang diwakili oleh Widya Safitri penyiar SS di rumah Rizky Putra di Gempol Pasuruan, pada Senin (3/6/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-41 Suara Surabaya (SS), SS Media mengadakan kegiatan “SS Berbagi” kepada para pendengar  FM 100 ini yang telah berkontribusi dalam membantu masyarakat.

Rizky Putra salah satu pendengar Radio SS asal Gempol Pasuruan, Jawa Timur, mendapat apresiasi, karena pada bulan April 2024 lalu, telah membantu Sultana seorang pria berkebutuhan khusus asal Denpasar Bali yang sedang kehilangan arah di Pasuruan.

“Karena ingin menolong orang yang membutuhkan pertolongan,” katanya seusai pemberian apresiasi SS Berbagi saat ditemui  suarasurabaya.net di rumahnya Pasuruan pada Senin (3/6/2024).

Ia merasa bahagia ketika bisa menolong seseorang, apalagi saat itu yang ia bantu adalah orang dengan kebutuhan khusus. Sehingga, saat ini Sultana bisa kembali ke Bali.

Pria yang juga merupakan dosen robotika Universitas Airlangga (Unair) itu mengatakan, awal bisa membantu Sultana kembali ke Bali yakni setelah dirinya melihat Sultana sendirian di sebuah musala dekat rumahnya.

Awalnya, ia mengira jika Sultana hanya mampir untuk salat, kebetulan musala tersebut dekat dengan jalan raya. Tetapi ia mulai merasa aneh ketika Sultana masih berada di tempat tersebut hingga keesokan harinya, dan saat salat berjemaah gerakannya lambat.

“Akhirnya warga sekitar juga bertanya-tanya, saya menggali informasi lebih detail, dari mana, mau ke mana, kemudian kenapa sampai di sini, dan bawa apa saja. Ternyata, ada di sini cuma pakai sendal, kaus, celana panjang, tidak bawa tas sama sekali. Dan ternyata hilang arah,” jelasnya.

Setelah itu, ia menyampaikan informasi tersebut ke Radio SS FM 100. Ia juga meneruskan laporan kepada kepala dusun setempat.

“Saya memang suka mendengarkan SS, berinisiatif untuk telepon barangkali nanti informasinya tersebar dan ada orang yang mengenal,” ucapnya.

Dengan upayanya itu, akhirnya informasi tersebar hingga ke dinas terkait, dan Sultana bisa kembali ke tempat asalnya. Sultana sendiri, sebelumnya merupakan warga Liponsos Surabaya, tetapi karena dinyatakan kondisinya membaik maka dipulangkan. Setelah ada kejadian tersebut, Sultana kembali ke Liponsos yang berada di Bali.

Menurutnya, SS selama ini selalu membantu banyak orang dengan informasinya. Sehingga, masyarakat juga turut terbantu dengan segala berita yang disampaikan, mulai dari orang hilang, kondisi lalu lintas, hingga masalah yang lainnya.

Ia berharap, di ulang tahun yang ke-41 ini, SS senantiasa bisa menjadi kawan bagi masyarakat luas, dan bisa memberi solusi atas setiap masalah yang ada.

“Tetaplah membuat program yang membantu banyak orang, menjadi penyalur informasi dari satu orang ke orang lain, istilahnya mungkin menyambung lidah orang. Jadi harapan saya, tetaplai membuat program yang sederhana dan membantu banyak orang,” tandasnya.

Seperti diketahui, acara pemberian apresiasi dalam rangka HUT ke-41 SS itu, selain diberikan kepada Rizky Putra juga diberikan kepada beberapa pendengar lainnya yang telah berkontribusi besar terhadap berlangsungnya kerja-kerja jurnalisme warga.(ris/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
31o
Kurs