Jumat, 20 September 2024

Soal Jokowi Ikut Pakai Innova, Istana: Gonta Ganti Kendaraan itu Biasa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden berbincang empat mata dengan Paus Fransiskus di Halaman Belakang (Veranda) Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024). Foto: Indonesia Papal Visit Committee

Yusuf Permana Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden mengatakan bahwa Joko Widodo (Jokowi) Presiden difasilitasi beragam kendaraan operasional kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal itu disampaikan Yusuf menanggapi soal Presiden yang ikut menumpangi kendaraan tipe Toyota Innova Zenix dengan pelat nomor RI 1, di tengah agenda kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta.

Seperti diketahui, kendaraan serupa juga digunakan Paus Fransiskus pemimpin tertinggi Gereja Katolik, selama berkunjung ke Indonesia.

Perbedaan dari dua kendaraan itu ada pada corak warna dan pelat nomor kendaraan. Jokowi menggunakan warna hitam berpelat RI 1, sementara Paus Fransiskus menggunakan warna putih berpelat SCV 1.

“Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medan-nya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan,” katanya di Jakarta, Rabu (4/9/2024) malam, yang dilansir Antara.

Yusuf menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan menggunakan mobil Innova Zenix lagi keesokan harinya.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan seperti Innova sering dilakukan untuk kegiatan tertentu yang bersifat incognito atau penyamaran.

Mengenai keamanan, Yusuf Permana menegaskan bahwa tim Pengamanan Presiden selalu berkoordinasi dengan tim pengamanan wilayah untuk memastikan keselamatan Presiden selama perjalanan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
32o
Kurs