Selasa, 17 September 2024

Serunya MPLS SD di Surabaya, Disambut Guru Berpakaian Karakter Putri Salju hingga Pewayangan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sejumlah guru SDN Kaliasin 1 Surabaya saat menyambut siswa-siswi baru dengan kostum karakter dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (15/7/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Serunya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN Kaliasin 1 Surabaya, para guru menyambut siswa-siswi baru dengan kostum karakter mulai putri salju hingga pewayangan.

Sastro Kepala Sekolah SDN Kaliasin 1 Surabaya menyebut, tujuannya untuk menjadikan siswa berkarakter dengan meneladani tokoh karakter.

“Ada hulk si perkasa dan pemberani, marsha yang cerdas dan kreatif,” katanya pada awak media, Senin (15/7/2024).

Seorang guru SDN Kaliasin 1 Surabaya berkostum puteri salju saat menyambut siswa-siswi baru, Senin (15/7/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain itu, tujuan lain yakni untuk menyenangkan anak-anak yang pertama kali masuk SD.

“Agar senang, gak terbebani masuk SD atau takut masuk SD. Kebanyakan anak TK, pembelajarannya menyenangkan, nah SD juga menyenangkan dengan tema ini,” bebernya.

Ia berharap upaya ini juga memperlancar fokus kurikulum merdeka untuk pengembangan karakter anak.

“(Murid yang diterima) 112 siswa, empat rombongan belajar (rombel),” katanya.

MPLS dengan tematik karakter ini sambungnya sudah berlangsung dua tahun, sebelumnya pakai budaya adat nasional Sabang sampai Merauke

Sementara untuk MPLS itu berlangsung selama dua minggu dengan agenda mulai dari pengenalan guru dan warga sekolah di hari pertama.

“Berikutnya ada pengenalan lingkungan sekolah, di mana toilet, kalau mau ke perpustakaan seperti apa, ruang kelas seperti apa. Berikutnya lagi program sampai 14 hari. Selama 2 minggu ada assessment untuk pemetakan, layanan belajar sesuai kebutuhan anak-anak,” imbuhnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs