Sabtu, 5 Oktober 2024

Serangan Terbaru Israel Tutup Rute Evakuasi Lebanon-Suriah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Setidaknya tiga warga sipil tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan udara Israel yang menargetkan sebuah apartemen di ibu kota Suriah, Damaskus, menurut media pemerintah Suriah. Foto: Antara

Serangan udara terbaru yang diluncurkan rezim Zionis Israel di Lebanon telah menutup rute evakuasi penting antara negara itu dengan Suriah.

Dilansir Antara dari jaringan berita Al Mayadeen yang berbasis di Beirut, Jumat (4/10/2024) malam, serangan brutal Israel terhadap Lebanon, menargetkan Lembah Bekaa, Baalbek-Hermel, Lebanon Selatan, pinggiran selatan Beirut serta jalan yang menghubungkan perbatasan antara Lebanon dan Suriah di penyeberangan Masnaa dan Jdeidet Yabous.

Akibatnya, lalu lintas antara Suriah dan Lebanon terhenti di kedua arah. Serangan Israel juga mengenai Kota Nabi Shayth di Bekaa, timur Lebanon, dan menyasar dataran tinggi Janta. Di wilayah Selatan, pesawat tempur juga menyerang Kota Aitat.

“Rezim zionis melancarkan serangan udara besar-besaran sejak 23 September, yang katanya menargetkan lokasi Hizbullah di seluruh Lebanon. Akibatnya, lebih dari 1.100 orang tewas dalam aksi tersebut,” menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Kelompok Hizbullah pun membalas perbuatan Israel dengan meluncurkan berbagai serangan terhadap posisi Israel di wilayah pendudukan utara.

Dalam beberapa hari terakhir, Hizbullah juga menembakkan ratusan roket yang menargetkan posisi-posisi vital Israel. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
28o
Kurs