Minggu, 8 September 2024

Seluruh Kabupaten/Kota se-Jatim Ditarget Raih Nilai Tinggi Pelayanan Publik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim waktu menjadi pembicara kegiatan Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman Jatim yang digelar di Surabaya, Rabu (19/6/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur menargetkan seluruh kabupaten/kota meraih penilaian tertinggi untuk pelayanan publik dari Ombudsman.

Target itu disampaikan Adhy waktu menjadi pembicara pada kegiatan Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman Jatim yang digelar di Surabaya, Rabu (19/6/2024).

Adhy menyatakan, semua lokus pemerintahan kota/kabupaten termasuk provinsi di Jatim harus bisa masuk pada zona hijau atau kategori A dengan opini kualitas tertinggi.

“Targetnya, tahun ini adalah tidak ada zona warna kuning. Untuk zona hijaunya pun tidak hanya hijau yang sedang, harus yang tertinggi,” tutur Adhy.

Berdasarkan penilaian Ombudsman tahun 2023, terdapat 21 dari 38 kabupaten/kota atau sebesar 55 persen masuk pada zona hijau Kategori A dengan Opini kualitas tertinggi.

Sedangkan 15 Kabupaten/kota masuk zona hijau kategori B dengan opini kualitas tinggi dan sisanya terdapat dua kabupaten berada pada zona kuning Kategori C dengan opini Kualitas sedang.

“Bagi wilayah yang masih berada di zona kuning dengan opini kualitas sedang, harapannya bisa kita dorong. Sehingga seluruh wilayah Jatim masuk pada zona hijau dengan nilai tertinggi,” jelasnya.

Supaya target zona hijau tercapai, Pj Gubernur Jatim itu menegaskan pentingnya memberikan pelayanan publik yang baik dengan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Dengan mengacu pada regulasi dan standar operasional yang semakin tinggi, Adhy berpesan agar pelayanan kepada masyarakat bisa menjadi prioritas di seluruh sektor layanan.

“Yang terpenting bagi setiap bidang di setiap dinas tugasnya adalah memberikan yang terbaik yang tujuannya kepuasan masyarakat,” ucap Pj Gubernur Jatim itu.

Sementara itu, Agus Muttaqin Kepala Perwakilan Ombudsman Jatim Agus mendukung arahan Pj Gubernur Jatim.

Agus mengatakan bahwa kesiapan seluruh jajaran di birokrasi pemerintahan menjadi kunci akan suksesnya penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman.

“Selain itu persiapan yang matang seperti Bimtek siang hari ini bisa jadi satu upaya untuk penyempurnaan nilai saat penilaian. Dengan begitu, harapannya target peningkatan nilai menjadi zona hijau biaa tercapai,” tandasnya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs