Jumat, 5 Juli 2024

Sebagian Besar Jatim Cerah Seharian Ini, Hujan Hanya di Beberapa Wilayah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sebagian besar Jawa Timur (Jatim) hari ini cerah seharian, Sabtu (29/6/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur beberapa wilayah Jatim saja pada malam hari dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir.

“Malam hari hujan diprakirakan turun di wilayah Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang dan Jember,” tulis BMKG Juanda.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 11 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan cuaca di sebagian wilayah perairan Jatim cenderung cerah berawan, dan beberapa wilayah berpotensi hujan ringan.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (31 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 22 knots (41 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.3 meter dan S. Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 5 Juli 2024
26o
Kurs