Jumat, 18 Oktober 2024

Satu Jalur Radial Road Diperkirakan Beroperasi Desember 2024, Fokus Atasi Kemacetan Lontar

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya ketika memantau pengerjaan radial road yang direncanakan bisa memecah kemacetan Lontar, Senin (15/7/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Satu jalur Radial Road yang menghubungkan Jalan Lontar menuju Jalan Yono Soewoyo, Surabaya kemungkinan bakal beroperasi mulai Desember 2024.

Adi Gunita Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya menyebut, serah terima dari pengembang akan dilakukan pertengahan November.

“Dari sisi kontraktual, kami memang baru serah terima pertengahan November. Progresnya sekarang masih 15 persen dari target rencana 24 persen,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net pada Kamis (5/9/2024).

Setelah Radial Road siap secara fisik, baru akan ada koordinasi lanjutan soal operasional dan pengalihan arus lalu lintas.

“Dari Jalan Lontar bebannya (arus lalu lintas) mau dikurangi masuk ke Radial Road,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa satu jalur yang sudah jadi itu akan dipakai satu arah memecah kemacetan Jalan Raya Lontar.

“Mungkin jalur barat ke timur Radial Road, yang timur ke barat pakai Jalan Raya Lontar,” tuturnya lagi.

Sebelumnya, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut pembangunan radial road satu jalur di Lontar, Kecamatan Sambikerep, bakal selesai akhir September 2024, dan mulai bisa beroperasi satu arah.

Diketahui, jalur Radial Road membentang dari bundaran G-Walk menuju Jalan Yono Soewoyo dengan panjang kurang lebih 1,9 kilometer.

Sementara untuk luas Radial Road sekitar 54.724 meter persegi, 80 persen milik pengembang, dan 20 persen adalah lahan warga yang dibebaskan. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
29o
Kurs