Kamis, 19 September 2024

Sampai Pagi Hari Ini, Tercatat Baru 10 Orang Pendaftar Capim KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Arif Satria Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK (tengah) dalam sebuah kegiatan di Surabaya pada Juni 2024. Foto: Istimewa

Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim dan Dewas KPK) periode 2024-2029 masih membuka kesempatan buat masyarakat yang ingin mendaftar.

Arif Satria Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK mengatakan, sampai pukul 10.00 WIB, Senin (1/7/2024), sudah ada 318 yang mendaftar akun di sistem.

“Sampai pagi ini sudah ada 10 orang yang mendaftar sebagai calon Komisioner, dan 16 orang yang mendaftar sebagai calon Dewas KPK,” ujarnya di Jakarta.

Seperti diketahui, Pansel Capim dan Dewas KPK membuka pendaftaran mulai 26 Juni, dan akan menutup tanggal 15 Juli 2024.

Selanjutnya, panitia seleksi bertugas melakukan verifikasi berkas sesuai persyaratan. Pendaftar yang lolos verifikasi akan diumumkan kepada publik hari Rabu tanggal 24 Juli 2024.

Nantinya, 10 nama yang memenuhi kriteria berdasarkan proses seleksi sebagai kandidat Pimpinan KPK dan 10 nama calon Dewas KPK akan diserahkan kepada Joko Widodo Presiden.

Kemudian, nama-nama yang dipegang Jokowi akan dikirim ke DPR RI, lalu berkesempatan menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
27o
Kurs