Kamis, 19 September 2024

Sambut HUT ke-79, TNI AL Ziarah ke Taman Makam Pahlawan 10 Nopember Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ziarah dan tabur bunga oleh TNI AL di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 Nopember Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, pada Selasa (3/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 Nopember Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, pada Selasa (3/9/2024) untuk menyambut HUT ke-79 TNI AL.

Letnan Jenderal TNI (Marinir) Nur Alamsyah Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) mengatakan, ziarah tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Dengan ulang tahun ini, yang paling pasti kita memperingati kebesaran, kemudian apa yang sudah dikerjakan oleh para pendahulu kita, yang akan kita gunakan untuk tetap memotivasi para prajurit muda dan kita semua untuk tetap bekerja dan berbakti dengan sepenuh hati kepada Republik ini,” katanya seusai prosesi ziarah.

Ziarah ke makam pahlawan itu, kata dia, tidak hanya dilakukan oleh TNI AL di Surabaya saja. Melainkan secara serentak di masing-masing satuan di jajaran TNI AL dari Sabang sampai Merauke dengan mengusung tema yang sama, yakni “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju.”

“Jadi, di daerah-daerah juga tetap akan melaksanakan, kemudian di pangkalan-pangkalan TNI Angkatan Laut yang lainnya, kita tetap akan melaksanakan yang sama,” tuturnya.

Setelah ziarah tersebut, ada beberapa agenda untuk menyambut HUT ke-79 TNI AL, yakni seperti pameran alutsista, bakti sosial di Cirebon, peringatan di perairan Jakarta, hingga Naval Base Open Day (NBOD) di masing-masing jajaran TNI AL.

“Kita juga akan mengundang semua rekan-rekan, baik itu masyarakat, siswa, untuk bersama-sama kita merayakan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut dengan mengikuti atau merayakannya di Naval Base Open Day,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memastikan bahwa untuk menyongsong usia baru, TNI AL akan terus melakukan penguatan, mulai dari kesiapan alutsista hingga prajurit-prajurit muda.

“Yang pasti, TNI Angkatan Laut akan tetap sama sesuai dengan tugas pokoknya untuk melaksanakan penegakkan kedaulatan negara kita, terutama di media kita di lautan,” ucapnya.

Seperti diketahui, dalam upacara ziarah tersebut, diadakan juga bakti sosial kepada beberapa warga Surabaya. Pemberian sembako dilakukan setelahsetelah prosesi upacara ziarah dan tabur bunga selesai.

Selain dari TNI AL, hadir juga dalam rombongan ziarah tersebut, yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, kepolisian, serta jajaran Forkopimda. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
23o
Kurs