Kamis, 19 September 2024

Sambangi KPK, Kaesang Klarifikasi Perjalanan ke AS Menumpang Pesawat Jet Pribadi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tangkapan layar memperlihatkan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep langsung masuk mobil mewah dengan belanjaan tanpa melewati proses bea dan cukai setelah turun dari pesawat jet pribadi. Foto: Platform X

Kaesang Pangarep putra bungsu Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (17/9/2024), menyambangi kantor lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu datang pukul 10.40 WIB bersama Raja Juli Antoni Sekretaris Jenderal PSI.

Dalam keterangannya kepada wartawan sesudah melakukan pertemuan tertutup di dalam Kantor KPK, Kaesang mengatakan kedatangannya hari ini untuk mengklarifikasi penggunaan pesawat jet pribadi dalam perjalanan menuju Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

“Saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahas beken-nya nebeng, nebeng pesawatnya teman saya,” ujarnya.

Mengenai hal lain termasuk dugaan gratifikasi, Kaesang tidak mau menyampaikan detailnya. Dia menyerahkan urusan itu kepada tim hukum dan juru bicaranya di PSI.

Sementara itu, Isyana Bagoes Oka Anggota Dewan Pembina PSI mengatakan, kedatangan Kaesang ke KPK bertujuan mengklarifikasi sejumlah hal.

Dia menjelaskan, Ketua Umum PSI datang ke KPK bukan memenuhi panggilan. Tapi, itu merupakan tindakan proaktif Kaesang, merespons berbagai isu yang viral di masyarakat.

Sebelumnya, Selasa (3/9/2024), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK menyatakan, pihaknya bisa memanggil Kaesang Pangarep.

Walau statusnya bukan pejabat/penyelenggara negara, Kaesang adalah anak dari Joko Widodo Presiden.

Nawawi menyebut, sudah memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Pengaduan Laporan Masyarakat KPK untuk menangani dugaan penerimaan gratifikasi Kaesang.

Sekadar informasi, Kaesang diduga menerima gratifikasi berupa fasilitas pesawat jet pribadi Gulfstream G650, Minggu (18/8/2024), yang mengantarnya bersama Erina Gundono istrinya, dari Indonesia ke Amerika Serikat. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
32o
Kurs