Minggu, 8 September 2024

Rusia: Siapapun Sekjen NATO, Yang Ambil Keputusan Tetap Amerika Serikat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mark Rutte Sekjen NATO. Foto: Politico.eu

Dmitry Medvedev Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia menyebut tidak akan ada perubahan bagi negaranya dengan penunjukan Mark Rutte sebagai Sekretaris Jenderal NATO yang baru, karena apapun keputusan aliasni tersebut semuanya diambil oleh Amerika Serikat (AS).

“Bagi Rusia, tidak ada yang akan berubah (dengan penunjukan Rutte), karena keputusan-keputusan penting dibuat bukan oleh negara-negara anggota NATO, tetapi oleh satu negara – Amerika Serikat,” kata Medvedev kepada surat kabar Argumenty i Fakty yang dilansir Antara, Rabu (17/7/2024).

Medvedev menambahkan bahwa Rutte sebagai Sekjen NATO berikutnya akan bertindak sesuai keinginan Washington, karena dia bukan pejabat yang mandiri dan hanya sekedar ditempatkan pada posisi tersebut.

“Saya kenal Mark Rutte… Negara asal Sekjen NATO tidak penting bagi Rusia. Ini adalah pejabat apriori yang tidak memiliki kemandirian… yang dengan patuh mengulangi apa yang diperintahkan kepadanya oleh Washington,” kata Medvedev.

Pejabat Rusia itu menambahkan bahwa Rutte adalah seorang birokrat Eropa biasa yang dengan sengaja menggarisbawahi persahabatan dengan Gerombolan Kiev.

“Dia akan bertindak sebagaimana dia diharuskan untuk bertindak, untuk mengeluarkan pernyataan-pernyataan agresif yang bebal sesuai dengan arah politik umum, yang di NATO tidak diikuti secara buta hanya oleh Hongaria dan Slovakia, yang bertujuan sebagian untuk melestarikan negara-negara bangsa,” kata Medvedev.

Sebagai informasi, NATO menunjuk Mark Rutte Perdana Menteri Belanda sebagai pengganti Jens Stoltenberg Sekretaris Jenderal NATO pada akhir Juni. Rutte akan menggantikan Stoltenberg pada 1 Oktober, ketika masa jabatannya berakhir setelah sepuluh tahun memimpin aliansi militer tersebut. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs