Kamis, 19 September 2024

Rumah Paling Tua di Kertajaya Terbakar, Belasan Mobil Pemadam Diterjunkan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas membongkar tumpukan barang bekas di bagian depan bangunan dan membasahinya supaya tidak tersulut api dari dalam, Minggu (28/7/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya terus berjibaku melakukan pemadaman di rumah paling tua di kawasan Jalan Kertajaya No. 138 tepat sebelum simpang empat, pada Minggu (28/7/2024) siang.

Nanang Ketua RT 01 RW 04 Kertajaya mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Kondisi rumah tua itu dalam keadaan kosong waktu kejadian.

“Pemiliknya baru pulang ke sini biasanya malam. Ini rumah paling tua di sini, sudah ada sebelum perempatan (Kertajaya),” ujar Nanang ditemui di lokasi kejadian.

Awal mula kejadian ini, lanjut Nanang, diketahui warga sekitar usai beres-beres kerja bakti. Tiba-tiba dari rumah tua tersebut muncul asap pekat yang membumbung tinggi. Tapi warga mengaku tidak mendengar ada ledakan waktu kejadian.

Pantauan suarasurabaya.net, petugas berupaya memadamkan api dari kedua sisi, yakni di Jalan Raya Kertajaya atau bagian depan dan di jalan gang balik rumah tua itu.

Upaya pemadaman di kedua sisi tersebut sempat meredakan si jago merah. Namun di tengah proses pemadaman, api tiba-tiba muncul di bagian sisi atap dan kembali menimbulkan asap pekat.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) berusaha memadamkan kebakaran rumah kosong di Jalan Kertajaya Surabaya, Minggu (28/7/2024) siang. Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Petugas langsung mengarahkan titik pemadaman di bagian atap. Di waktu yang sama, petugas juga membongkar tumpukan barang bekas di bagian depan rumah yang menyulitkan untuk memadamkan api melalui sisi depan.

“Ini barang-barang bekas sudah lama juga, numpuk jadinya kayak sampah,” imbuh Nanang.

Sementara itu sebagian Jalan Kertajaya di depan lokasi kebakaran ditutup total. Kepolisian mengarahkan pengendara yang terlanjur melintas di Jalan Kertaya untuk putar balik dan menerapkan contraflow.

Sedangkan jumlah armada pemadam 14 kendaraan. Pada pukul 12.45 WIB petugas terus melakukan pemadaman dan asap di bagian atap mulai mengecil.(wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs