Kamis, 19 September 2024

Ribuan Jemaat Ikuti Misa di Katedral Surabaya Dipimpin Paus Fransiskus Secara Daring

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana di aula lantai 2 Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya mengikuti misa suci yang dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus secara streaming dari Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Kamis (5/9/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Sekitar 1.000-an jemaat di Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya mengikuti misa suci yang dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus secara daring dari Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Para jemaat nampak sudah memenuhi ruangan aula di lantai 2 Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya, menjelang pukul 17.00 WIB. Di sana sudah terpasang layar berukuran besar untuk menampilkan rangkaian kegiatan di GBK.

Mereka secara khusyuk dan khidmat menunggu dimulainya misa suci. Para jemaat kemudian langsung berdiri waktu Paus Fransiskus memasuki Stadio Gelora Bung Karno (GBK).

“Perkiraan hadir, 1000 jemaat. Mulai aula lantai dua, sampai lantai satu kita sediakan,” kata Romo Cornelius Triwidya Tjahja Utama Kepala paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya.

Romo Cornelius Triwidya Tjahja Utama Kepala paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Cornelius mengatakan kegiatan misa suci secara daring ini disambut antusias oleh jemaat katolik di Surabaya meskipun hanya diberi waktu satu pekan untuk mempersiapkannya.

“Sehingga kerinduan umat untuk bisa merayakan kasih dengan Bapa Paus ini terpenuhi. Karena ada ungkapan iman yang harus juga diwadahi,” jelasnya.

“Kalau (persiapanya) sedikit lama, akan lebih banyak lagi yang datang, kita bisa mengatur misa di gereja. Karena gereja minim monitor, kalau monitor tidak besar itu kontaknya kurang,” tambahnya.

Lebih lanjut, Cornelius mengatakan, pihaknya akan menggelar kembali agenda lanjutan tentang kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Senin (9/9/2024) mendatang.

“Sesudah itu nanti ada pertemuan dialog lintas agama, cangkrukan. Kita akan dialog, menceritakan bagaimana kunjungan Bapa Paus ini dan apa maknanya bagi keuskupan Surabaya,” tuturnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
23o
Kurs