Senin, 21 Oktober 2024

Resmi Menjabat Seskab, Mayor Teddy Tidak Perlu Mundur dari TNI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Mayor Teddy Sekretaris Kabinet waktu mendampingi Prabowo Subianto Presiden membacakan sumpah jabatan para Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Kemerdekaan, Jakarta, Senin (21/10/2024). Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres

Prabowo Subianto Presiden sudah mengumumkan nama-nama menteri, wakil menteri dan kepala badan/lembaga dalam Kabinet Merah Putih, Minggu (20/10/2024), di Istana Merdeka, Jakarta.

Salah seorang yang disebut namanya adalah Teddy Indra Wijaya Anggota TNI berpangkat Mayor yang sejak 2020 menjadi ajudan Prabowo selaku Menteri Pertahanan, menjadi Sekretaris Kabinet (Seskab).

Tapi, dalam prosesi pelantikan menteri dan kepala badan/lembaga, pagi hari ini, Senin (21/10/2024), di Istana Negara, Jakarta, tidak ada nama Teddy dalam daftar yang mengucapkan sumpah/janji jabatan.

Terkait itu, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI mengatakan, Teddy tetap menjabat Sekretaris Kabinet.

Cuma, sekarang struktur Sekretaris Kabinet ada di bawah Menteri Sekretaris Negara. Artinya, posisi Seskab tidak lagi setingkat menteri.

Dalam keterangannya, siang hari ini di Jakarta, Dasco menyebut Seskab sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres), setinggi-tingginya pejabat eselon dua, atau berpangkat Brigadir Jenderal TNI/Polri.

Dengan begitu, Mayor Teddy yang mendapat tugas sebagai Seskab tidak perlu pensiun dini dari TNI.

“Sekretaris Kabinet sekarang ini struktur dan komposisinya berubah. Sekretaris Kabinet itu sekarang ada di bawah Mensesneg. Jadi, bukan setingkat menteri. Dalam Perpres disebutkan setinggi-tingginya eselon dua, atau setinggi-tingginya berpangkat Brigadir Jenderal. Sehingga, dalam jabatan tersebut, yang sama dengan yang di Istana yang diisi juga oleh TNI atau polisi, Mayor Teddy tidak perlu pensiun,” ujar Dasco.

Sebelumnya, pada masa pemerintahan Joko Widodo, Seskab yang dijabat Pramono Anung statusnya setara dengan menteri.

Seperti diketahui, Prabowo memilih 48 orang sebagai menteri dan lima kepala badan/lembaga setingkat menteri untuk membantu menjalankan roda pemerintahan periode 2024-2029.

Sejumlah politikus dan profesional yang sebelumnya jadi menteri di pemerintahan Joko Widodo juga ada yang masuk daftar menteri periode 2024-2029.

Antara lain, Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Pratikno mantan Menteri Sekretaris Negara yang jadi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kemudian, Sri Mulyani Indrawati yang tetap menjabat Menteri Keuangan, Erick Thohir Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, dan Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 21 Oktober 2024
32o
Kurs