Selasa, 17 September 2024

Resmi Jabat Mensos, Gus Ipul Siap Tingkatkan Tata Kelola DTKS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Saifullah Yusuf mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menteri Sosial, Rabu (11/9/2024), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Saifullah Yusuf Menteri Sosial (Mensos) baru yang resmi dilantik, Rabu (11/9/2024) hari ini di Istana Negara, Jakarta, mengatakan dirinya siap berkolaborasi dengan para pejabat dan pihak terkait guna membantu Joko Widodo Presiden merealisasikan visi misi Kabinet Indonesia Maju untuk mensejahterakan rakyat.

“Saya tadi juga minta waktu satu dua hari untuk konsultasi, tapi tentu yang baik akan kita teruskan sebagaimana sudah saya sampaikan dengan jelas tugasnya Kemensos itu membantu Presiden. Apa yang menjadi arahan Presiden, apa yang menjadi visi-misi Presiden itulah yang akan kita tindak lanjuti dan sekuat tenaga akan kita realisasikan,” kata Gus Ipul sapaan akrabnya seperti dilansir Antara.

Ia pun menerangkan salah satu masukan dari Muhadjir Effendy yang sebelumnya menjabat Plt. Mensos, adalah soal dengan tata kelola Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi acuan bagi kementerian lembaga terkait dalam memberikan bantuan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya akan segera menyisir sekaligus meningkatkan akurasi dan tata kelola DTKS, mengingat sifat data tersebut memang dinamis sehingga jelas memerlukan pembaharuan secara berkala dan cepat.

“Memang DTKS itu kan data dinamis sebenarnya, ya, bisa sewaktu-waktu berubah karena meninggal atau karena hal-hal lain pindah tempat yang enggak lapor, yang kadang-kadang tidak diinput oleh petugas di lapangan jadi memang data ini patut untuk dicermati perkembangannya dan kita sudah punya tim yang mengikuti dinamika itu, jadi memang soal data ini hal yang sangat penting,” ucapnya.

Ia pun menyatakan akan bekerja maksimal dalam menyelesaikan program kerja Tri Rismaharini walau hanya memiliki waktu bekerja 40 hari ke depan. Ia menambahkan hanya ingin menjalankan sejumlah program untuk mengatasi masalah sosial yang sudah terprogram sembari menyiapkan transisi pemerintahan baru. (ant/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
28o
Kurs