Selasa, 9 Juli 2024

Ratusan Ribu Pasien Indonesia Berobat Jantung hingga Kanker ke RS Malaysia

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
KPJ Healthcare saat membeber jumlah pasien Indonesia selama semester awal didominasi jantung hingga kanker di Surabaya, Kamis (27/6/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puluhan rumah sakit yang tergabung dalam Kumpulan Perobatan Johor (KPJ) Malaysia menerima 100 ribuan pasien Indonesia untuk berobat selama semester awal 2024.

Farah Delah Suhaimi Deputy General Manager Health Tourism Rumah Sakit KPJ Malaysia menyebut, dari 29 rumah sakit yang tergabung mencatat jumlah pasien mencapai 100 ribuan orang terbanyak Pulau Jawa dan Sumatera.

“Sepanjang tahun 2023 ada 500.000 pasien dari Indonesia ke Malaysia. Khusus ke rumah sakit di KPJ ada 160.000 orang,” kata Farah saat membuka pameran KPJ Healthcare Expo 2024 di Surabaya, Kamis (27/6/2024).

Paling banyak mereka berobat jantung, kanker, ortopedik hingga program bayi tabung.

“Tahun ini sudah 100 ribuan, kita perkirakan akan lebih lagi yang berobat,” imbuhnya.

Rata-rata alasan pengobatan didominasi kemajuan teknologi operasi yang sudah menggunakan robot.

“Sebenarnya di RS KPJ operasi adalah jalan terakhir. Penyakit jantung itu pemasnagan ring itu 40-50 persen perlu ring, tapi di RS KPJ kalau sudah 70 persen baru beri ring,” bebernya lagi.

Sherene Azli Chief Marketing Officer KPJ Healthcare Berhad menambahkan, dari semua jenis pelayanan, jantung dan kanker mendominasi baru disusul lainnya.

“Kami gak bawa data berapa jumlahnya, tapi nampak sementara ini selama awal tahun,” tandasnya. (lta/iss/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Selasa, 9 Juli 2024
24o
Kurs