Selasa, 1 Oktober 2024

Ratusan Akademisi Berkumpul di Surabaya, Kuatkan Pendidikan Tinggi Keperawatan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ratusan akademisi keperawatan yang tergabung dalam Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) berkumpul di Surabaya untuk rapat tahunan, pada Selasa (1/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 300-an akademisi yang tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) berkumpul di Surabaya, pada 1-3 Oktober 2024.

Agus Setiawan Ketua Umum AIPNI mengatakan, perkumpulan tersebut berfokus pada strategi untuk memperkuat pendidikan keperawatan di Indonesia, dalam rangka mendukung transformasi sektor kesehatan nasional.

“Pendidikan tinggi keperawatan harus berperan sentral dalam mempersiapkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, dan memiliki daya saing global,” katanya, pada Selasa (1/10/2024).

Ia mengatakan, pendidikan keperawatan yang berorientasi pada kualitas, inovasi dan kolaborasi lintas disiplin ilmu, sangat penting sebagai langkah strategis mewujudkan sistem kesehatan yang tangguh dan inklusif di Indonesia.

Dalam rapat tersebut, dibahas juga berbagai isu strategis, seperti pengembangan kurikulum keperawatan berbasis kompetensi, peningkatan aksesibilitas pendidikan keperawatan di seluruh wilayah Indonesia, dan kolaborasi dengan lembaga kesehatan internasional.

“Dengan penguatan kurikulum yang berbasis pada transformasi digital dan kolaborasi internasional, kita dapat bersama-sama menciptakan tenaga kesehatan yang mampu memberikan layanan prima bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, AIPNI juga memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta, untuk memastikan pendidikan keperawatan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kesehatan masyarakat di masa depan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia,” tuturnya.

Selain rapat pleno, perkumpulan tersebut juga digelar berbagai sesi diskusi panel. Pemateri berasal dari Kemenkes, Kemdikbud, instansi keperawatan dari Malaysia, Singapore dan Thailand.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan presentasi hasil riset terbaru di bidang keperawatan, dari hasil hibah yang diselenggarakan oleh AIPNI, serta pameran inovasi dalam pendidikan dan layanan keperawatan.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
28o
Kurs