Selasa, 1 Oktober 2024

Radio Karimata Kirim Air Bersih ke Desa Kekeringan di Pamekasan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penyaluran bantuan air bersih oleh Radio Karimata FM guna membantu pemerintah mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih di Pamekasan, Selasa (1/10/2024). Foto: Karimata FM

Radio Karimata FM mendistribusikan bantuan air bersih ke desa-desa yang terdampak kekeringan guna meringankan beban warga di Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (1/10/2024).

Radio yang mengudara pada frekuensi 103,3 FM ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan bantuan air bersih ke Desa Baddurih Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

“Desa Baddurih ini merupakan satu dari tiga desa yang menjadi sasaran bantuan pendistribusian air bersih kerja sama antara radio Karimata FM dengan PMI Pamekasan, di hari pertama,” kata Samsul Arifin General Manajer Radio Karimata FM, seperti dilansir Antara.

Dua desa lainnya masing-masing Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan, dan Desa Jarin Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Sedangkan di hari kedua, pendistribusian akan menyasar empat lokasi lainnya, termasuk Desa Baddurih Kecamatan Pademawu, serta dua pondok pesantren dan beberapa titik yang membutuhkan.

Selain dalam rangka meringankan beban warga terdampak kekeringan di Kabupaten Pamekasan, kegiatan itu juga sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-35 Radio Karimata FM.

Warga yang menjadi sasaran bantuan air bersih ini mengaku senang dengan kegiatan bakti sosial ini.

Seperti yang disampaikan seorang ibu rumah tangga di Dusun Tengah 1, Desa Larangan Tokol Pamekasan, Hatin.

“Kami sangat berterima kasih kepada Radio Karimata FM atas bantuan air bersih ini. Di saat kami kesulitan, bantuan ini sangat berarti bagi kami,” katanya dengan nada gembira.

Kegiatan distribusi air bersih ini diharapkan menjadi momentum bagi Radio Karimata FM untuk terus berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama di wilayah Pamekasan yang sering dilanda kekeringan saat musim kemarau.

Menurut data BPBD Pemkab Pamekasan, jumlah desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih pada musim kemarau kali ini sebanyak 75 desa, tersebar di 10 kecamatan.

“Jumlah desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih kali ini bertambah dibanding tahun lalu yang hanya 72 desa,” kata Akhmad Dhofir Rosidi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Pemkab.

Jenis kekeringan yang terjadi di Pamekasan selama ini ada dua, yakni kekeringan langka dan kekeringan kritis.

Kekeringan kritis terjadi karena pemenuhan air di dusun mencapai 10 liter lebih per orang per hari. Jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan air bersih sejauh tiga kilometer bahkan lebih.

Sementara yang dimaksud dengan kering langka, kebutuhan air di dusun itu di bawah 10 liter saja per orang per hari. Jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat sekitar 0,5 kilometer hingga tiga kilometer.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
28o
Kurs