Selasa, 22 Oktober 2024

Puncak Hari Santri di Surabaya Diperingati Nanti Malam, Tampilkan Drama Kolosal Resolusi Jihad

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Muhammad Cholilurrahman Halim Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Surabaya memberi sambutan dalam pembukaan lomba banjari untuk memperingati Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin (21/10/2024). Foto: Arvin Fayruz Mg suarasurabaya.net

Puncak dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Surabaya, akan digelar Selasa (22/20/2024) malam di area Monumen Tugu Pahlawan.

Muhammad Cholilurrahman Halim Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Surabaya mengatakan, dalam peringatan puncak tersebut, akan menampilkan drama kolosal tentang resolusi jihad.

“Drama kolosal itu nantinya menceritakan tentang fatwa resolusi jihad, fatwa kemerdekaan, ataupun sejarah perang untuk memperjuangkan Indonesia,” katanya kepada suarasurabaya.net.

Pertunjukkan seni drama kolosal itu dipilih, sebagai upaya untuk menjelaskan dan mengingatkan masyarakat terkait perjalanan panjang dan perjuangan santri yang turut serta dalam mengusir penjajah.

“Dikarenakan, kita juga santri, yang bagaimana pun ini adalah hari raya para santri se-Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa Surabaya juga memiliki catatan heroik tentang perlawanan terhadap penjajah. Sehingga cerita sejarah itu, sangat cocok ditampilkan dalam puncak peringatan hari santri di Kota Pahlawan.

Peringatan puncak hari santri tersebut, terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat, kata dia, bisa mengikuti atau menonton setiap kegiatan yang digelar oleh Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya.

“Kita terbuka, karena ini adalah syiar, bagaimana kita memperlihatkan kepada seluruh masyarakat kepada seluruh elemen kegiatan hari santri ini,” ucapnya

Seperti diketahui, peringatan hari santri di Surabaya itu, merupakan hasil kolaborasi dari berbagai lembaga ataupun badan organisasi yang ada di NU Surabaya, mulai dari IPNU IPPNU, Fatayat hingga Bahtsul Masail.

Kegiatannya sendiri, selain drama kolosal resolusi jihad, sebelumnya telah dilaksanakan lomba banjari, lomba nadhom aqidatul awam, lomba ngalim (ngaji lima menit) talkshow hingga bazzar.(ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
34o
Kurs