Jumat, 20 September 2024

Puluhan Perahu Layar Balap Cepat di Laut Kenjeran, Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Peserta lomba perahu balap cepat saat bersiap start lomba di laut Kenjeran, Surabaya, Rabu (21/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 49 perahu layar yang dikemudikan oleh nelayan asal Surabaya Utara beradu cepat dalam balap perahu di Laut Kenjeran Surabaya, pada 20-21 Agustus 2024.

Abdul Rochim panitia balap cepat perahu layar mengatakan, gelaran tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

“Ini untuk peringatan HUT ke-79 RI, sehingga rangkaian acaranya nanti ada lomba karaoke dan akan ada karnaval juga,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net pada Rabu (21/8/2024).

Lomba perahu layar dipilih, kata dia, sebagai upaya menunjukkan ikon Kenjeran Surabaya yang identik dengan laut dan nelayan.

“Selain itu, juga sekaligus mempromosikan bahwa ini loh wisata di Kenjeran seperti ini,” tuturnya.

Balap cepat perahu layar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Laut Kenjeran, Surabaya, pada Rabu (21/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Rochim mengatakan, lomba balap cepat perahu layar yang digelar selama dua hari itu, menyaring sebanyak 20 orang di hari pertama untuk masuk ke babak lanjutan. Di hari kedua, nelayan yang lolos kembali bertanding untuk memperebutkan gelar juara.

Selama belayar, peserta lomba dinilai dari kecapatan dan ketangkasan. Para peserta lomba juga tidak boleh membentur tiang bendera yang telah dipasang dalam lokasi lomba.

“Yang menang akan mendapat thropy. Total hadiahnya Rp10 juta,” katanya.

Dalam berlangsungnya lomba, puluhan perahu milik nelayan Surabaya Utara itu, dihias dengan aneka gambar di bagian layarnya. Ada yang bergambar kartun, bintang hingga gambaran sepeda motor.

Tidak hanya diikuti oleh nelayan Kenjeran, lomba tersebut juga disemarakkan oleh nelayan dari berbagai daerah di Surabaya, seperti Jambangan, Tambak Wedi, hingga Bulak Cumpat.(ris/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs