Sabtu, 19 Oktober 2024

Prodi Magister Ilmu Komunikasi UB Bentuk Kelas Double Degree dengan CSU Australia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para perwakilan Universtias Brawijaya Malang dengan Charles Sturt University (CSU) Australia. Foto: UB

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) menyepakati kolaborasi/kerja sama dengan Charles Sturt University (CSU) di Bathurst, perguruan tinggi regional terbesar di Australia yang dilaksanakan pada 10 sampai 11 Oktober lalu.

Kolaborasi ini bertujuan untuk merumuskan program international double degree dengan fokus pada Master of Digital Media and Global Communication, yang akan diluncurkan pada tahun depan. Terlebih kedua universitas ini dikenal sebagai kampus unggulan regional di masing-masing negaranya.

Charles Sturt University merupakan universitas terbesar di kawasan regional Australia, dengan fokus kuat pada pendidikan praktis dan keterlibatan komunitas.

Pada rapat kerja sama itu, delegasi UB terdiri dari Maulina Pia Wulandar Kepala Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, dan Dr. Antoni, dosen senior di program yang sama.

Sementara dari CSU, ada Professor Tina Du, Head of School of Information and Communication Studies, Dr. Deborah Wise, Course Coordinator, dan Dr. Travis Holland, senior lecturer, bersama staf akademik lainnya.

Pertemuan ini menekankan pada penyusunan kurikulum bersama untuk mendukung implementasi program double degree yang akan memperkuat kompetensi mahasiswa di bidang media digital dan komunikasi global.

Program ini diharapkan mampu mempersiapkan lulusan dengan keterampilan terkini yang relevan dengan perkembangan teknologi komunikasi.

“Kerja sama antara UB dan CSU akan membuka peluang besar bagi mahasiswa kami untuk mendapatkan pengalaman pendidikan internasional. Program ini tidak hanya memperluas wawasan global, tetapi juga meningkatkan daya saing mahasiswa dalam industri komunikasi digital yang dinamis,” kata Maulina Pia Wulandari.

Professor Tina Du menambahkan kolaborasi ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kedua institusi regional unggulan untuk saling belajar dan berkembang.

“Dengan program double degree ini, mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam era digital,” katanya.

Selain perumusan kurikulum, pertemuan ini juga mencakup diskusi terkait infrastruktur pembelajaran daring (online learning) di CSU, regulasi credit transfer, serta koordinasi dengan kantor internasional untuk memastikan implementasi program ini berjalan dengan lancar.

Kerja sama antara UB dan CSU ini diyakini akan memberikan manfaat signifikan bagi kedua belah pihak, memperkuat hubungan internasional dalam bidang pendidikan, dan menciptakan peluang lebih luas bagi mahasiswa di era global. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 19 Oktober 2024
33o
Kurs