Senin, 16 September 2024

Presiden Prancis dan IOC Ajak Gencatan Senjata Global Selama Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Cincin Olimpiade, yang mewakili lima benua dan sifat olahraga universal, akan dipasang dalam beberapa minggu ke depan di sisi Menara Eiffel di Paris. Foto: AFP Ilustrasi - Cincin Olimpiade, yang mewakili lima benua dan sifat olahraga universal, akan dipasang dalam beberapa minggu ke depan di sisi Menara Eiffel di Paris. Foto: AFP

Emmanuel Macron Presiden Prancis dan Thomas Bach Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengajak dunia melakukan gencatan senjata global selama Olimpiade 2024 di Paris.

Hal itu disampaikan keduanya dalam upacara pembukaan Sidang IOC ke-142 di Paris. Macron menyerukan gencatan senjata selama Olimpiade berlangsung di Paris.

Macron dan IOC juga bekerja sama untuk menjadikan Olimpiade Paris 2024 sebagai momen perdamaian, kebenaran, dan harapan.

“Olimpiade akan dimulai, dan gencatan senjata akan dimulai,” kata Macron melansir dari Antara pada Selasa (23/7/2024).

Sementara itu, Thomas Bach mengingatkan kembali mengenai nilai-nilai Olimpiade, yakni solidaritas, kesetaraan, dan martabat manusia untuk semua.

“Kami dapat menyatukan seluruh dunia dalam perdamaian,” ungkapnya.

Resolusi untuk mematuhi Gencatan Senjata Olimpiade untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 secara resmi diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada November 2023, yang menyerukan agar Gencatan Senjata Olimpiade dihormati mulai dari tujuh hari sebelum Olimpiade dimulai hingga tujuh hari setelah Paralimpiade berakhir.

Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan mulai 26 Juli hingga 11 Agustus, sedangkan Paralimpiade 2024 di Paris akan digelar mulai 28 Agustus hingga 8 September mendatang. (ant/kir/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
27o
Kurs