Senin, 1 Juli 2024

Presiden Panggil Menteri dan Kepala Lembaga Bahas Kasus Peretasan Sistem PDN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memimpin Rapat Kabinet Terbatas mengenai Visa on Arrival dan Kartu Izin Tinggal Terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (9/9/2022). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (28/6/2024), memanggil sejumlah menteri dan kepala lembaga, ke Istana Kepresidenan Jakarta, untuk rapat kabinet terbatas.

Mereka yang dipanggil antara lain, Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), dan Hinsa Siburian Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Rapat terbatas khusus membahas kasus gangguan siber akibat peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, sepekan yang lalu, serta upaya penanganannya.

Seperti diketahui, hari Kamis (20/6/2024), sejumlah layanan publik di Tanah Air sempat terganggu akibat peretasan sistem PDNS 2 yang ada di Surabaya, Jawa Timur.

Salah satu layanan yang kacau adalah sistem Autogate milik Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Sesudah mencari penyebabnya, ternyata PDNS 2 kena serangan Ransomware bernama Brain Cipher, varian baru Ransomware Lockbit 3.0.

Pihak peretas meminta uang sebanyak delapan juta Dollar AS atau sekitar Rp131 miliar kepada pemerintah Indonesia untuk mengembalikan data.

Sampai hari Selasa (25/6/2024), terdeteksi ada 282 instansi pemerintah yang mengalami gangguan akibat peretasan PDNS 2.

Pemerintah masih melakukan investigasi forensik digital dan berupaya memulihkan beragam layanan publik yang terdampak.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 1 Juli 2024
28o
Kurs