Minggu, 8 September 2024

Presiden Ingatkan Pentingnya Perwira Remaja TNI-Polri Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI dalam upacara prasetya perwira dan pelantikan perwira TNI-Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet.

Joko Widodo Presiden mengatakan, banyak fenomena yang mengubah pola kehidupan manusia dengan cepat, seperti disrupsi, digitalsiasi, kecerdasan buatan, ketegangan geopolitik, perang dagang, perubahan iklim dan transisi energi.

Maka dari itu, Presiden menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam amanatnya di acara Prasetya Perwira, hari ini, Selasa (16/7/2024), di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi menginstruksikan Perwira Remaja selalu mengikuti perubahan terkait ilmu pengetahuan dan keterampilan baru.

Menurutnya, perwira remaja harus menjadi pembelajar yang cepat dan terampil. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak terbatas di bidang pertahanan atau fisik saja.

Di bidang penegakan hukum serta ketertiban dan keamanan, RI 1 menyebut berbagai tantangan seperti kejahatan transnasional, judi online, perdagangan orang, narkotika dan obat-obatan terlarang serta peretasan siber yang semakin canggih.

Merespons berbagai tantangan tersebut, Perwira Remaja TNI-Polri harus jadi sosok profesional, handal dan terampil, bisa beradaptasi dengan cepat, terus meningkatkan kemampuan, dan menguasai teknologi digital serta kecerdasan buatan.

“Saudara-saudara harus jadi sosok yang unggul, profesional, handal dan terampil, yang menguasai profesinya, yang bisa beradaptasi dengan cepat, yang terus meng-upgrade skill, dan menguasai teknologi termasuk teknologi digital dan kecerdasan buatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan para Perwira Remaja mempersiapkan diri mengabdi pada Bangsa dan Negara.

Kemudian, selalu setia dan siap berkorban, memimpin dengan hati, memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta Tribrata dan Catur Prasetya.

Seperti diketahui, hari ini Jokowi melantik 906 Perwira Remaja lulusan Akademi TNI dan Polri Tahun 2024.

Mereka yang dilantik terdiri dari 417 orang Perwira Remaja TNI Angkatan Darat, 129 orang Perwira Remaja TNI Angkatan Laut, 113 orang Perwira Remaja TNI Angkatan Udara, dan 247 orang Perwira Remaja Polri.

Pelantikan para Perwira Remaja tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 61 TNI Tahun 2024, dan Keppres Nomor 62 Polri 2024 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Militer dan Akademi Polisi menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.(rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs