Senin, 1 Juli 2024

Presiden dan Pimpinan MPR Sepakat Sidang Tahunan di Jakarta 16 Agustus 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pimpinan MPR RI memberikan keterangan pers usai bertemu Jokowi Presiden, Jumat (28/6/2024), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Jumat (28/6/2024), menerima Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, di Istana Merdeka, Jakarta.

Pertemuan Presiden dengan Ketua dan delapan orang Wakil Ketua MPR RI itu dalam rangka forum konsultasi membahas sejumlah hal.

Antara lain, terkait Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025.

Kemudian, dibahas juga mengenai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

Dalam keterangan pers usai rapat konsultasi, Ahmad Basarah Wakil Ketua MPR RI mengatakan, Presiden bersama Pimpinan MPR RI sepakat menghadiri Sidang Tahunan dan Sidang Bersama, Jumat (16/8/2024), di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sedangkan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara nasional akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dipimpin Presiden dengan peserta terbatas.

Di waktu yang bersamaan, upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia juga digelar di Istana Merdeka, Jakarta. Ma’ruf Amin Wakil Presiden akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Presiden dan Pimpinan MPR bersepakat, akan menghadiri Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2024 di Gedung DPR MPR RI yang proses atau metode persidangannya telah diputuskan sama dengan Sidang Tahunan MPR di tahun sebelumnya,” ujar Basarah, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Lebih lanjut, Basarah bilang, MPR RI akan menggelar Hari Konstitusi tanggal 18 Agustus 2024 sebagai rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Berikutnya, Pimpinan MPR RI akan melakukan pertemuan dengan Jokowi Presiden dalam rangka Silaturahmi Kebangsaan.

Di tempat terpisah, Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) mengatakan dalam pertemuan tersebut Jokowi Presiden menekankan pentingnya komunikasi antarlembaga untuk membangun sinergi nasional.

“Bapak Presiden menegaskan pentingnya komunikasi antarlembaga negara untuk membangun sinergi nasional, untuk menjaga agar Indonesia selalu kokoh dalam menghadapi situasi global yang tidak menentu,” katanya.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 1 Juli 2024
26o
Kurs