Kamis, 17 Oktober 2024

Prakiraan Cuaca Jawa Timur 16 Oktober 2024: Hujan Ringan dan Peringatan Gelombang Tinggi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Cuaca di Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (16/10/2024) hari ini, diperkirakan cerah dan berawan dengan potensi hujan intensitas ringan.

Berdasarkan data yang disampaikan prakirawan BMKG, pada pagi hari ini kondisi akan cerah dengan sedikit awan. Saat siang hingga sore, cuaca masih cerah namun disertai kemungkinan hujan ringan.

Kemudian cuaca pada malam hari diprediksi akan tetap cerah, berawan, dan berkabut. Kondisi berkabut juga akan berlangsung hingga dini hari.

Suhu udara hari ini diperkirakan berkisar antara 11 derajat hingga 37 derajat Celius, dengan kelembapan yang bervariasi antara 19 hingga 99 persen.

Angin akan bertiup dominan dari selatan hingga barat daya dengan kecepatan antara 5 hingga 39 km/jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak menyebut kondisi oerairan Jawa Timur umumnya juga cerah berawan.

Arah angin di laut didominasi dari tenggara hingga selatan, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 21 knots (38 km/jam) di Laut Jawa bagian timur dan 15 knots (27 km/jam) di Samudera Hindia selatan Jawa Timur.

Ketinggian gelombang laut bervariasi: di Selat Madura antara 0,2 hingga 0,8 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0,4 hingga 1,3 meter, dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur antara 1,0 hingga 3,0 meter.

BMKG Tanjung Perak mengimbau masyarakatuntuk mewaspadai gelombang tinggi di atas 2.5 meter di perairan selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
37o
Kurs