Minggu, 8 September 2024

Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Avanza di Bangkalan, Motifnya untuk Beli Sabu dan Judi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
AKBP Febri Isman Jaya Kapolres Bangkalan saat gelar perkara pencurian taksi online dan ojek online dengan tersangka AJ (42 tahun) dan FA (40 tahun) warga asal kabupaten Sampang, di Mapolres Bangkalan hari ini, Selasa (16/7/2024). Foto: Humas Polri

Satuan Reserse Kriminal Polres Bangkalan menangkap dua pria berinisial AJ (42 tahun) dan FA (40 tahun) warga Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Keduanya merupakan komplotan pencuri mobil Avanza dengan Nopol L 1491 EM pada 1 Juli 2024 lalu di Bangkalan.

Modusnya, salah seorang memesan taksi online, lalu membuat kesepakatan perjalanan secara offline dengan pengemudinya. Sesudah ada kesepakatan harga, pelaku minta dijemput di Undaan Wetan, Surabaya menuju Pulau Madura. Dalam perjalanan, berhentti sebentar menjemput temannya di SPBU daerah Rangkah, Surabaya.

Sesampainya di Bangkalan, penumpang minta untuk menggantikan pengemudi dengan alasan jalanan gelap dan tidak lebar. Saat sudah dekat lokasi tujuan, penumpang tersebut menawarkan untuk istirahat di rumah makan. Tidak lama kemudian mobil dipinjam salah satu penumpang dengan alasan mau mengambil uang. Karena masih ada satu penumpang lainnya, pemilik mobil tidak curiga.

Lama menunggu, mobil tak kunjung datang. Penumpang yang bersama pemilik mobil pergi juga dengan alasan memeriksa temannya. Semakin lama menunggu, mobil dan dua penumpang tidak kunjung datang. Pemilik mobil bertanya ke warga sekitar, tapi tidak ada yang mengenali kedua pelaku. Korban langsung melapor ke kantor polisi terdekat.

BACA JUGA: Avanza Hilang di Bangkalan Dicuri Penumpang Offline, Tiba-Tiba Ditemukan di Probolinggo

AKBP Febri Isman Jaya Kapolres Bangkalan di Mapolres Bangkalan, Selasa (16/7/2024) mengatakan jika polisi langsung bergerak cepat memburu pelaku dan berhasil mengamankan kedua tersangka serta berhasil menyelamatkan mobil yang hendak dijual pelaku.

“Setelah kami menerima laporan, tim langsung bergerak. Tanggal 8 Juli 2024, satu unit mobil avanza yang dibawa kabur pelaku berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Bangkalan di Probolinggo saat hendak dijual, namun pelaku tidak ada. Kami kembangkan penyelidikan berbekal CCTV di kontrakan dan tempat bertemu di Surabaya, Minggu 14 juli, AJ berhasil diamankan di Tragah,” jelas AKBP Febri.

Sementara itu, AKBP Febri menambahkan jika setelah AJ ditangkap, polisi langsung melakukan pengembangan hingga akhirnya FA berhasil ditangkap.

“FA kami tangkap setelah AJ kita amankan. Kami interogasi AJ dan akhirnya, FA berhasil kami amankan pada Senin 15 Juli kemarin di Surabaya. Saat ini, kami lakukan proses penyidikan lebih lanjut,” tambah AKBP Febri.

AKBP Febri Isman Jaya Kapolres Bangkalan mengembalikan mobil taksi online kepada HW, pemiliknya, di Mapolres Bangkalan hari ini, Selasa (16/7/2024). Foto: Polres Bangkalan

Sebelumnya, kedua pelaku juga melakukan pencurian dengan kekerasan terhadap seorang ojek online. Pada 23 Juni 2024, seorang pelaku mencuri satu buah sepeda motor milik KW (warga Surabaya) di Desa Petapan, Bangkalan. Pelaku mengelabui korban dengan modus memesan via aplikasi untuk mengambil uang untuk biaya berobat adik pelaku.

Saat sampai di Desa Petapan, pelaku langsung mengalungi korban dengan sajam dan KW tak berkutik sehingga motor tersebut berhasil dibawa pelaku.

AKBP Febri membeberkan motif pelaku mengambil sepeda motor dan mobil korban yakni untuk dijual, untuk digunakan membeli sabu dan bermain judi.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, mereka melakukan pencurian motor dan mobil untuk membeli sabu-sabu dan judi. Ini yang sekarang terus kami kembangkan,” tutup Alumnus Akpol tahun 2003 tersebut.

Sementara HW, pemilik mobil, pada Selasa (16/7/2024) mengabarkan ke Radio Suara Surabaya bahwa mobilnya sudah kembali ke tangannya. Sebelumnya, dia melaporkan kehilangan mobilnya jenis Avanza tipe G tahun 2017 dengan Nopol L 1491 EM. Ciri khususnya, pintu depan kiri bawah ada stiker “mantul” warna biru, kaca film 50-60 persen, dan velg kaleng warna hitam.

“Terima kasih untuk Kapolres Bangkalan dan jajarannya yang telah berhasil menangkap pelaku pencurian dan mengembalikan mobil saya yang hilang beberapa waktu lalu. Alhamdulillah tidak dipungut biaya sama sekali. Semoga ke depan semakin sukses,” ujar HW. (iss)

 

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs