Jumat, 18 Oktober 2024

Polda Jatim Terjunkan 1.322 Personel untuk Pengamanan Debat Pilgub di Graha Unesa

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Aparat kepolisian waktu berbaris di samping Graha Unesa jelang debat Pilgub Jatim, Jumat (18/10/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Polda Jawa Timur menerjunkan 1.322 personel gabungan untuk melakukan pengamanan selama debat calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang berlangsung di Graha Unesa, Jumat (18/10/2024) pukul 19.30 WIB malam.

“Secara keseluruhan, tim gabungan kami siapkan 1.322 personel,” kata Kombes Puji Santosa Karo Ops Polda Jatim dalam keterangannya, Jumat (18/10/2024).

Puji menjelaskan, para personel disebar di beberapa titik lokasi debat. Mereka akan dibagi dalam empat ring pengamanan.

Polisi akan mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung paslon untuk menjaga kondusifitas debat hingga pengaturan kondisi lalu lintas di sekitar Graha Unesa.

“Kami siapkan pasukan untuk mengawal masing-masing tempat pendukung paslon dan nobar sebelah parkiran, sekat kami siapkan juga agar tidak terjadi gesekan,” tuturnya.

KPU Jatim sendiri memberikan kuota 150 pendukung paslon yang boleh memasuki venue debat di dalam Graha Unesa. Selain itu pendukung dan simpatisan lainnya harus berada di luar.

Pihak penyelenggara debat pun sudah menyiapkan dua layar LED besar di lapangan parkir samping Graha Unesa untuk memfasilitasi para pendukung yang berada di luar supaya tetap bisa menonton debat cagub-cawagub.

Puji mengimbau agar semua pendukung tim paslon bisa menjaga kondusifitas dan mematahui peraturan KPU, seperti tidak membawa barang maupaun atribut selain yang ditetapkan KPU.

“Kalau bendera, tidak kami bolehkan (dibawa masuk), yang bisa masuk ring satu hanya 150 orang, jadi disiapkan betul,” jelasnya.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
31o
Kurs