Senin, 14 Oktober 2024

Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru 2024 Selama Dua Pekan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Aparat kepolisian waktu mengikuti apel Ops Zebra Semeru 2024 di Mapolda Jatim, Senin (14/10/2024). Foto: Istimewa.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) menggelar Apel Operasi Zebra Semeru 2024, di Lapangan Mapolda Jatim, Senin (14/10/2024) pagi.

Operasi Zebra Semeru kali ini mengusung tema “Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada pemilu tahun 2024”.

Brigjen Pol Pasma Royce Wakapolda Jawa Timur yang memimpin apel hari ini menyampaikan, Operasi Zebra Semeru 2024 digelar mulai tanggal 14 – 27 Oktober 2024.

Operasi ini, kata Pasma, juga untuk menjaga kondusifitas dan kelancaran jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman di wilayah Jawa Timur,” kata Pasma.

Mengenai kerawanan lalu lintas, Pasma menyebut, banyak disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya kesadaran masyarakat berlalu lintas yang berujung pelanggaran dan berpotensi memicu fatalitas kecelakaan.

“Pelanggaran yang sering terjadi meliputi, berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan dan pengendara yang tidak menggunakan helm standar atau sabuk pengaman,” tuturnya.

Selain itu, Pasma juga menyoroti tentang angka kecelakaan di pelintasan kereta api. Jenis kecelakaan tersebut masih cukup tinggi di Jatim karena kurangnya sistem pengamanan dan kelalaian pengendara.

“Lokasi-lokasi rawan kecelakaan kereta api ini, sering kali tidak memiliki sistem pengamanan yang memadai, sehingga menyebabkan kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa,” imbuhnya.

Dengan digelarnya Operasi Zebra 2024 ini, polisi berharap bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya hingga pelintasan kereta api. Upaya menekan angka kecelakaan, kata Pasma, perlu kolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait.

“Dengan pelaksanaan operasi zebra ini, kita berharap dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan juga mengurangi fatalitas kecelakaan, sekaligus meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat yang berlalulintas,” tandasnya. (wld/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
36o
Kurs