Jumat, 25 Oktober 2024

Polairud Polda Jatim Telusuri Keberadaan Buaya di Bawah Jembatan Suramadu yang Viral di TikTok

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Jembatan Suramadu, penghubung Kota Surabaya ke Pulau Madura. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Team Patroli Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jatim dalam beberapa hari terakhir telah melaksanakan pemantauan soal kemungkinan adanya buaya di bawah area Jembatan Suramadu.

Keberadaan buaya di bawah jembatan Suramadu itu sebelumnya viral di media sosial TikTok beberapa waktu lalu, dari hasil unggahan salah seorang pemancing yang sedang memancing di kaki Jembatan Suramadu.

“Bajul iku (buaya itu), lololo kok ada buaya di laut,” sebut seseorang dalam video yang menunjukan buaya tersebut tengah berenang di depan para pemancing.

Seekor buaya tiba-tiba muncul di permukaan laut dihadapan beberapa orang yang sedang memancing di kaki jembatan Suramadu. Foto: Tangkapan Layar/ Istimewa

Sementara untuk penelusuran keberadaan buaya itu, Iptu Guntur Kanit Patroli Polairud Polda Jatim mengatakan telah melaksanakan patroli setiap hari sejak, Selasa (22/10/2024) lalu, atau sejak video itu viral.

“Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami terus memantau/melakukan penyisiran di bawah area Jembatan Suramadu,” kata Guntur dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Meski demikian, kata Iptu Guntur, hingga memasuki hari keempat pemantauan, sosok buaya tersebut tak kunjung terlihat. “Situasi kondusif, keberadaan adanya reptil buaya nihil tidak terpantau,” ujarnya.

Kanit Patroli Polairud itu menambahkan, pemantauan akan dilakukan setiap hari sesuai instruksi dari pimpinan. Selain itu, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) jika menemukan buaya tersebut.

“Kami konsultasikan dengan BKSDA diupayakan penangkapan. Dicoba dengan pembiusan,” jelasnya waktu dikonfirmasi.

Sementara untuk masyarakat yang beraktivitas di kawasan tersebut, Iptu Guntur mengimbau lebih berhati-hati dan segera melapor jika melihat keberadaan buaya.

“Di area jembatan terpantau banyak aktifitas nelayan pencari ikan, dan kami selalu mengimbau lebih hati-hati dalam melaksanakan aktifitas,” ucapnya. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
31o
Kurs