Minggu, 8 September 2024

PM Inggris Serukan Gencatan Senjata untuk Atasi Krisis di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Keir Starmer menjadi Perdana Menteri Inggris sejak 5 Juli 2024 menggantikan Rishi Sunak. Foto: The Standard

Keir Starmer Perdana Menteri Inggris menyerukan gencatan senjata segera di Gaza sebagai satu-satunya solusi yang layak terhadap krisis di daerah tersebut.

Selain itu, Keir Starmer juga menekankan kebutuhan mendesak untuk bantuan kemanusiaan dan pemulangan sandera.

“Ini tidak bisa dilanjutkan. Kita memerlukan gencatan senjata segera: keluarnya sandera, masuknya bantuan, dan bantuan kemanusiaan dalam skala besar. Itu kebijakan pemerintah,” kata Keir Starmer saat berpidato di Parlemen, Senin (22/7/2024).

Dilansir dari Antara, Starmer mengatakan bahwa ia sudah berbicara dengan pemimpin Israel dan otoritas Palestina.

Ia menyampaikan bahwa ia sepenuhnya mendukung hak Israel atas keamanan dan kebutuhan mendesak untuk mengembalikan para sandera.

“Dan saya juga sudah jelas bahwa situasi di Gaza tidak dapat ditoleransi dan bahwa dunia tidak akan mengabaikan warga sipil yang tidak bersalah, termasuk perempuan dan anak-anak, terus menghadapi kematian, penyakit, dan pengungsian,” sambungnya.

Mengenai dimulainya kembali pendanaan Inggris kepada badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Starmer mengatakan langkah diplomatik tersebut merupakan salah satu tindakan pertama dari pemerintahan Partai Buruh yang baru terpilih.

Menanggapi pendapat Mahkamah Internasional (ICJ) baru-baru ini, Starmer menegaskan sikap pemerintah terhadap perluasan pemukiman ilegal dan menyerukan komitmen baru terhadap solusi dua negara. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs