Rabu, 18 September 2024

Pj Gubernur Realisasikan Instruksi Jokowi untuk Bantu Operasi Mata Warga Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Supraptri Warga Rungkut Surabaya saat menjalani pemeriksaan mata di RSMM Jatim. Foto: Humas Pemprov Jatim

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) merealisasikan instruksi Joko Widodo Presiden membantu Suprapti warga Rungkut, Surabaya untuk operasi retina mata.

Sebelumnya, permintaan Presiden untuk melakukan operasi mata pada wanita berusia 52 tahun itu disampaikan di sela kunjungannya di Pasar Soponyono Jawa Timur pada, Jumat (6/9/2024) pekan lalu.

Waktu di Pasar Soponyono, Jokowi bertemu dengan Suprapti yang mengeluh gangguan penglihatannya. Mendengar itu, Jokowi meminta Pj. Gubernur Jatim membantu penanganan dan pengobatan Suprapti agar bisa sembuh dan kembali melihat.

Adhy lalu menugaskan dr. Erwin Astha Triyono Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jatim berkoordinasi dengan Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Jawa Timur untuk segera melakukan operasi mata.

Sesudah melakukan operasi mata, kondisi Suprapti saat ini lebih membaik dan operasi pun berjalan lancar.

“Setelah melakukan pemeriksaan lengkap kepada Ibu Suprapti, RSMM Jawa Timur langsung melakukan operasi retina vitrektomi pada, Senin (9/9/2024). Alhamdulillah operasi berjalan dengan lancar dan hasilnya baik,” kata Adhy dalam keterangannya, Jumat (13/9/2024).

Tak lupa, Pj. Gubernur berpesan kepada seluruh masyarakat Jatim untuk senantiasa menjaga kesehatan mata melalui konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

“Terima kasih kepada seluruh tim dokter dan pihak RSMM Jawa Timur yang merespon cepat permintaan Bapak Presiden. Semoga masyarakat Jatim bisa lebih aware untuk menjaga kesehatan mata melalui makan makanan yang sehat dan bergizi,” harapnya.

Sementara itu, Erwin Astha Kadinkes Jatim menyebut, bahwa tindakan operasi retina vitrektomi bertujuan untuk menempelkan kembali saraf mata (retina) yang lepas, ke dinding bola mata.

Operasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan gangguan penglihatan yang cukup berat.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien secara menyeluruh oleh tim medis RSMM Jawa Timur, ditemukan lepasnya saraf retina akibat robekan yang disebut dengan ablasio retina, disertai lepasnya makula, dan ditemukan katarak pada mata sebelah kiri sehingga membuat pandangan menjadi kabur,” terangnya.

Di sisi lain, Suprapti menyampaikan terima kasihnya pada Presiden RI dan Pemprov Jatim atas bantuan yang diberikan. Ia senang bisa mendapatkan operasi vitrektomi yang mampu memperbaiki kondisi penglihatannya.

“Terima kasih Bapak Jokowi Presiden, terima kasih Bapak Pj. Gubernur Jatim. Berkat operasi ini, saya bisa beraktivitas kembali dan bisa bekerja kembali untuk membantu ekonomi keluarga. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih,” kata Suprapti. (wld/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
30o
Kurs