Jumat, 20 September 2024

PGN Pastikan Gas Bumi Mengalir ke IKN Jelang Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
PGN menyediakan pasokan gas bumi di IKN melalui kombinasi layanan beyond pipeline dengan menggunakan Compressed Natural Gas (CNG). Foto: PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina, memastikan bahwa gas bumi telah berhasil dialirkan dan siap digunakan jelang upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara

PGN menyediakan pasokan gas bumi di IKN melalui kombinasi layanan beyond pipeline dengan menggunakan Compressed Natural Gas (CNG).

Pada tahap ini, CNG didistribusikan menggunakan Gaslink Cylinder, yakni tabung berkapasitas 24 m³ dan 4 m³ (mini Gaslink Cylinder).

Pada Minggu (11/8/2024), rumah tapak jabatan menteri (RTJM) 105 telah dipasangi 12 unit Gaslink Cylinder yang tersebar di delapan kavling, dan gas mulai dialirkan secara bertahap.

Selain RTJM, Gaslink Cylinder juga telah terpasang di beberapa lokasi penting lainnya, termasuk Istana Negara, Istana Garuda, kantor Sekretariat Presiden, ASN 4 Tower B dan C, ASN 1 Tower B dan C, rusun BIN, rusun POLRI, Paspampes Tower, Beranda Nusantara, dan Hotel Nusantara yang merupakan pelanggan komersial swasta. Totalnya, terdapat 34 unit Gaslink Cylinder yang siap memenuhi kebutuhan gas bumi di IKN.

Untuk mendukung distribusi gas bumi di IKN, PGN juga membangun jaringan pipa sepanjang 61,1 km di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub WP 1A.

Saat ini, pasokan gas berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur, melalui transportasi intermoda gas bumi.

Penyediaan gas bumi di IKN ini merupakan wujud komitmen PGN sebagai pelaksana penugasan dari Pertamina dan pemerintah dalam membangun infrastruktur gas bumi.

Selain itu, langkah ini juga mendukung rencana pemerintah untuk mengembangkan kawasan industri hijau di IKN, dengan gas bumi sebagai energi bersih yang memiliki emisi lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil lainnya.

“PGN berkomitmen untuk menjalankan amanat dari pemerintah dalam menyediakan energi yang bersih di IKN. Saat ini PGN berupaya optimal agar layanan gas bumi bisa beroperasi dengan aman guna mendukung kesiapan infrastruktur untuk peringatan HUT RI di IKN,” ujar Fajriyah Usman Sekretaris Perusahaan PGN dalam keterangan resminya, Senin (12/8/2024).

Fajriyah menambahkan bahwa PGN terus berupaya memastikan pembangunan infrastruktur gas bumi di IKN berjalan sesuai dengan target.

Jaringan gas ini juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang diproyeksikan mencapai 9.996 Sambungan Rumah (SR).

PGN berkolaborasi dengan Otorita IKN dan berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan penyediaan gas bumi di IKN memberikan manfaat positif, sejalan dengan visi Indonesia mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. Selain itu, konsumen gas bumi akan mendapatkan layanan energi yang praktis, handal, aman, dan ramah lingkungan.

“Pada masa transisi energi, gas bumi dipercaya sebagai energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan, karena emisi CO2 yang dihasilkan dari penggunaan gas bumi lebih rendah dibandingkan dengan energi fosil lainnya. Selain itu, gas bumi berasal dari dalam negeri, sehingga menghemat devisa negara untuk kebutuhan impor energi,” tutur Fajriyah. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs