Selasa, 17 September 2024

Pertamina Telusuri Penyebab Truk Tangki Pertamina Terbakar di Tol Madiun-Ngawi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Truk tangki Pertamina terbakar di KM 579 Tol Ngawi-Solo, Selasa (25/6/2024). Foto: Lidya via WA SS

PT Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus menyatakan, truk tangki BBM Nopol N 9731 UF yang terbakar di ruas Tol Madiun-Ngawi sudah tertangani.

Truk BBM milik PT Sinar Wahana Surya itu dilaporkan terbakar hari Selasa (26/6/2024) petang sekira pukul 18.40 WIB. Saat itu, truk sedang dalam perjalanan untuk melakukan pengisian produk BBM.

“Situasi di lokasi sudah dapat dipadamkan, dan nantinya akan dilakukan peninjauan yang akan memberikan informasi yang lebih detail terkait dugaan penyebab percikan api yang kemudian membesar dan membakar mobil tangki tersebut,” ujar Ahad Rahedi Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus.

Dilansir dari Antara, Selasa tengah malam, saat ini pelayanan distribusi BBM dari Fuel Terminal (FT) Madiun tidak terganggu akibat dampak insiden tersebut.

BACA JUGA: Truk Tangki Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Solo KM 579

Pertamina bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi sudah berkoordinasi untuk tindakan penanganan dan pencegahan yang diperlukan.

Dugaan awal sumber api akan ditelusuri bersama dengan Dinas Damkar. Percikan terjadi pada waktu mobil sedang dalam perjalanan.

Sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan operasional di sarana dan prasarana distribusi Pertamina, pada saat kejadian, awak mobil tangki yang bertugas langsung berupaya memadamkan kobaran api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang ada di mobil tangki dan sumber air di sekitar area tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Estimasi perkiraan kerugian materiil masih dihitung Pertamina.

Kerusakan berupa 1 unit mobil tangki berukuran 24 KL produk Pertalite, satu tabung APAR (ukuran isi 9 kilogram) yang habis terpakai dalam upaya memadamkan kobaran api di mobil tangki yang terbakar tersebut.

“Kami juga secara sigap selalu berupaya untuk memastikan seluruh sarana armada distribusi dalam kondisi sesuai standar yang berlaku guna memastikan pendistribusian dalam kondisi aman dan selamat agar kejadian yang seperti ini tidak terulang,” kata Ahad.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs