Rabu, 18 September 2024

Persiapan Operasional Bandara IKN Dikebut untuk Menunjang Kegiatan Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden, hari ini, Kamis (12/9/2024), kembali berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Rencananya, Presiden akan menjalankan roda pemerintahan dari IKN sampai tanggal 19 Oktober 2024, atau sehari sebelum masa tugasnya selesai.

Seiring dengan itu, Bandar Udara (Bandara) IKN melakukan persiapan untuk mendukung berbagai kegiatan Kepala Negara.

Yusuf Permana Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden mengatakan, hari ini ada tes pendaratan (landing test) perdana pesawat jet di Bandara IKN.

“Di pesawat jet tersebut ada Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan. Itu merupakan bagian dari rangkaian uji coba sebelum Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melakukan pendaratan di Bandara IKN,” ujarnya lewat keterangan tertulis.

Terkait persiapan Bandara IKN, Adita Irawati Juru Bicara Kementerian Perhubungan mengatakan, tahap verifikasi dan kalibrasi sudah selesai dilakukan.

Adita menjelaskan, verifikasi sudah dilakukan pada tanggal 8-9 September 2024. Kemudian, kalibrasi sudah dilakukan tanggal 10 September 2024.

Dengan begitu, Bandara IKN sudah dapat digunakan untuk kunjungan kerja Jokowi Presiden pekan ini.

Sekadar informasi, Bandara IKN merupakan bandara untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan konektivitas di IKN.

Pembangunan terminal VVIP bandara dengan runway sepanjang 2.200×30 meter itu sudah mencapai lebih dari 90 persen, dan terminal VIP hampir mencapai 80 persen.

Pembangunan jalan utama yang nantinya menunjang akses dari dan menuju bandara hampir siap 100 persen.

Sementara itu, pembangunan fasilitas penunjang berupa Tower ATC, gedung administrasi dan operasional, serta Gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran terus dikebut.

Bandara IKN menyesuaikan konsep besar IKN, yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan.

Konsep desain bandara memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dengan unsur modern. (rid/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
24o
Kurs