Kamis, 19 September 2024

Persiapan Final AFF Besok Sudah Matang, PSSI Jatim Ajak Penonton Support Penuh Garuda Muda

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan kemenangan atas Malaysia yang mengantar mereka ke Final Piala AFF U-19, Sabtu (27/7/2024). Foto: PSSI

PSSI Jatim memastikan pertandingan final Piala AFF U-19 yang mempertemukan Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand, Senin (29/7/2024) besok, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dipastikan sudah dipersiapkan matang-matang.

Amir Burhanudin Wakil Ketua Umum PSSI Jatim mengatakan, salah satu fokus utama dalam persiapan adalah penonton, mengingat antusiasme sangat tinggi sejak pertandingan pertama.

“Mulai dari jumlah steward-nya, pengamanan parkir di luar stadion, tenaga barcoding di tiketing, itu kan pasti akan berpengaruh pada gate-gate yang kita buka. Tentu persiapannya akan berbeda ketika tiket terjual 10.000 dengan tiket terjual 20.000,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (28/7/2024).

Untuk jumlah tiket penonton di final nanti, kata Amir, pihak LOC menyediakan 35 ribu dari total kapasitas 44 ribu kursi yang ada di Stadion GBT. Namun sampai dengan Minggu pagi, kata Amir, tiket terjual sudah mencapai 15.000.

Sstem tiket terusan juga berlaku untuk penonton pertandingan perebutan posisi ketiga antara Timnas Australia U-19 melawan Timnas Malaysia U-19, dengan catatan tidak boleh meninggalkan stadion sembari menunggu pertandingan final.

“Tentu kami berharap ini adalah laga final dan tim juga akan mempunyai semangat yang berlebih, apabila support dari teman-teman (penonton) di stadion itu bisa maksimal,” ujarnya.

Selain itu, pihak LOC juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan setempat untuk mengatur mulai tempat parkir hingga sarana transportasi. Mengingat dari evaluasi semalam yang dilakukan, ternyata para penonton dari luar kota kebanyakan datang membawa kendaraan roda empat.

“Tadi malam itu kan sempat terjadi blokade gitu kan dari keluar tol ke interchange, banyak yang parkir di situ sehingga akses keluar masuk ke stadion itu terganggu. Akhirnya bisa diurai dishub dengan diderek dipindahkan sedikit demi sedikit,” ucapnya.

Termasuk, lanjutnya, persiapan untuk shuttle bus untuk para penonton. “Kami sedang berkomunikasi apakah shuttle bisa disiapkan, sehingga mobil tidak perlu diparkir di stadion,” kata Amir.

Terakhir dia berharap, penonton bisa datang dan memberikan dukungan maksimal kepada skuad Garuda Muda mengingat ada sejarah bagus gelaran Piala AFF di Jawa timur.

“Kita punya sejarah bagus AFF U-16 maupun U-19 ketika itu dilaksanakan di Jawa Timur. Beberapa tahun yang lalu kita juga juara di Sidoarjo dan kami sangat berharap besok hari Senin kita bisa juara di Surabaya. Kami berharap teman-teman Surabaya sekitarnya, Jawa Timur dan sebagainya untuk bisa mendukung timnas langsung dari stadion,” pungkasnya. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs