Selasa, 8 Oktober 2024

Penyebab Terbakarnya Lift JPO Jalan Pemuda Ternyata Akibat Dirusak Bocah 15 Tahun

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pihak Warna Warni Media bersama OPD Pemkot Surabaya saat jumpa pers hasil investigasi mandiri penyebab lift JPO Jalan Pemuda terbakar, Selasa (8/10/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Pihak Warna Warni Media selaku pengelola Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Jalan Pemuda, Surabaya mengungkap penyebab kebakaran lift pada, Sabtu (5/10/2024) lalu, ternyata akibat dirusak seorang bocah inisial M (15 tahun).

Penyebab itu diketahui pihak pengelola sesudah melakukan investigasi secara mandiri berdasarkan rekaman CCTV dan pengecekan secara teknis.

Dinar Aisyah Humas Warna Warni Media menyatakan, penyebab kebakaran lift JPO Jalan Pemuda sisi Delta Plaza Surabaya bukan karena korsleting listrik seperti yang diberitakan.

“Sangat disayangkan, seorang anak di bawah umur terindikasi melalukan perbuatan terencana dengan cara merusak panel kontrol lift,” kata Dinar saat jumpa pers Gedung Kominfo Eks Humas Pemkot Surabaya, Selasa (8/10/2024) sore.

Hasl investigasi pihak pengelola menyebut, bocah 15 tahun itu melakukan pengerusakan lift dengan cara mengaitkan kawat pada lift, mengganjal pintu lift, dan membakar kertas bungkus rokok di dalam panel kontrol lift.

“Karena serangkaian tindakan tersebut, mengakibatkan terbakarnya lift JPO Pemuda sisi Delta Plaza,” ungkapnya.

Dinar menjelaskan, terduga pelaku memulai aksinya pada Sabtu (5/10/2024) pagi sekitar 06.00 WIB. Dari rekaman CCTV, bocah 15 tahun itu terlihat bolak-balik naik lift dan memasukkan sebuah benda ke jalur lift.

Tidak berselang lama sekitar 5-10 menit, setelah pelaku melakukan rangkaian pengrusakan, lift JPO terbakar hingga api merambat ke sebagian jembatan.

Kemudian pada malam harinya sekitar pukul 20.48 WIB, pelaku terlihat CCTV kembali ke lokasi JPO dengan membawa perlatan yang digunakan untuk merusak lift JPO seberang tepatnya di depan Kantor RRI.

Namun aksi pelaku untuk kedua kalinya gagal mengakibatkan kebakaran, petugas yang sudah mencurigai bocah tersebut langsung mengamankannya.

Bocah 15 tahun itu pun langsung dibawa ke kantor kepolisian untuk didalami lebih lanjut. Kata Kompol Bayu Halim Kapolsek Genteng mengatakan, pihaknya sudah menangani kasus ini. Proses penyelidikan difokuskan melalui rekaman CCTV.

“Kami masih menindak lanjuti, soalnya kami sudah menghubungi forensik juga inafis. Barang bukti kita fokus pada olah TKP, intinya kami berupaya mengkonfirmasi pemeriksaan CCTV menindaklanjuti kemungkinan penyebabnya dan inafis juga sudah bergerak. Kita tunggu nanti hasilnya seperti apa,” ungkapnya.(wld/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 8 Oktober 2024
29o
Kurs