Rabu, 18 September 2024

Penurunan Bendera di IKN Tutup Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Upacara Penurunan Bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu ('17/8/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Upacara Penurunan Bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, berlangsung lancar.

Walau area lokasi upacara sedikit basah karena sempat kena guyuran air hujan, Tim Paskibraka Indonesia Maju mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai harapan.

Pantauan di IKN, prosesi Upacara Penurunan Bendera dimulai pukul 16.30 WITA, ditandai dengan masuknya pasukan TNI dan Polri ke Lapangan Istana Negara.

Berikutnya, Kolonel Pnb. Taufik Nur Cahyanto selaku Komandan Upacara menyusul masuk ke tempat upacara.

Joko Widodo Presiden yang kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara bersama Iriana Ibu Negara berada di area yang sudah di siapkan.

Pada Upacara Penurunan Bendera, Presiden dan Ibu Negara memakai baju adat khas Banjar Kalimantan Selatan.

Sebanyak 38 Anggota Paskibraka 2024 Tim Indonesia Maju di bawah komando AKP Ahmad Fahruroji Mulian selaku Komandan Kompi, kompak menurunkan Bendera Sang Merah Putih dengan formasi 17, 8 dan 45.

Anak Agung Ngurah Panji Darma Putra Paskibraka dari Provinsi Bali, menjadi Komandan Kelompok 17. Dia tercatat sebagai Pelajar SMAN 1 Singaraja.

Ni Komang Tri Setia Pelajar SMAN 1 Samarapura yang juga Paskibraka perwakilan Provinsi Bali, bertugas sebagai Pembawa Baki Bendera Sang Merah Putih.

Pembawa baki cadangan yaitu Kirana Asha Widya Baskara Paskibraka perwakilan Provinsi Banten yang bersekolah di SMA Labschool Cirendeu.

Berikutnya, yang menjadi Komandan Kelompok 8, Joe Bayden Imanuel Kallem Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Tengah. Dia bersekolah di SMA Kristen Anak Panah.

Sunnu Wahyudi Paskibraka perwakilan Kalimantan Timur yang bersekolah di SMKN 2 Sangatta Utara bertugas sebagai Pengerek Bendera.

Lalu, Abdul Zaky Hutera Paskibraka perwakilan Provinsi Jakarta yang bersekolah di SMAN 67 Jakarta jadi Pembentang Bendera.

Sesudah upacara penurunan bendera, berkumandang Andhika Bayangkari sebagai tanda berakhirnya rangkaian acara di IKN.

Seperti diketahui, tema perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia jadi salah satu momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Karena, untuk pertama kalinya, acara inti seperti Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Sang Merah Putih, secara nasional terpusat di Istana Negara IKN.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
26o
Kurs